Dorong Ekosistem Laut, WASI Pecahkan Rekor Dunia Selam

by

in
Dorong Ekosistem Laut, WASI Pecahkan Rekor Dunia Selam

Wanita Selam Indonesia dorong pelestarian ekosistem laut (Foto: Istimewa)

Balikpapan, Jurnas.com – Sejalan dengan komitmen untuk melestarikan lingkungan, Pertamina mendukung upaya WASI (Wanita Selam Indonesia) untuk mengampanyekan edukasi mengenai pentingnya biota bawah laut Indonesia.

WASI yang merupakan organisasi di bawah naungan organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) memiliki agenda besar pada 3 Agustus 2019 di Manado Sulawesi Utara.



Agenda tersebut adalah pemecahan 3 rekor dunia yaitu penyelaman massal bertarget 3000 penyelam, rantai manusia terpanjang di bawah air dan pembentangan bendera terbesar di bawah air.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dan sebagai upaya ikut mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut seperti pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam dan olahraga selam.

Baca juga.. :

Tri Tito Karnavian, M.Si, Ketua Wanita Selam Indonesia, mengatakan WASI berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya laut bagi kehidupan. Melalui kerjasama dengan berbagai pihak, WASI akan terus berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program-program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian sebagai penyelam.

“WASI juga selalu berusaha untuk melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan yang dilakukan sehingga kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut akan semakin meningkat,” ucapnya.

Pantai dan laut yang bersih tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai tapi juga membantu pengembangan potensi wisata bahari Indonesia.

Sejalan dengan komitmen WASI tersebut, Pertamina turut mendukung kegiatan upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records Official Attempt, dengan harapan kegiatan ini akan memberikan manfaat luas kepada masyarakat sekitar.

Sebelumnya WASI telah mengadakan pengobatan gratis, penanaman pohon mangrove serta pembersihan pantai sebagai bentuk kepedulian akan lingkungan serta untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih hijau.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan pihaknya sangat bangga kepada wanita Indonesia, khususnya mereka yang ikut berpartisipasi dalam upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records Official Attempt.

“Kegiatan yang diinisiasi oleh WASI ini menunjukkan bahwa wanita Indonesia juga memiliki semangat dan kesempatan yang sama untuk turut berkontribusi mengharumkan nama bangsa serta menggaungkan kelestarian laut Indonesia,” ucapnya.

TAGS : Ekosistem Laut Wanita Selam

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/56399/Dorong-Ekosistem-Laut-WASI-Pecahkan-Rekor-Dunia-Selam/