Duar! Gas Air Mata Pertama di 2020 Pecah di Hong Kong

by

in
Duar! Gas Air Mata Pertama di 2020 Pecah di Hong Kong

Polisi Hong Kong menyerang demonstran dengan gas air mata (Foto: AFP)

Hong Kong, Jurnas.com – Polisi Hong Kong menembakkan gas air mata beberapa menit jelang pergantian tahun 2019 ke 2020, ketika pengunjuk rasa pro-demokrasi menandai malam Tahun Baru dengan demonstrasi. Massa aksi juga merencanakan pawai besar-besaran yang akan digelar pada Rabu (1/1) ini.

Selama enam bulan terakhir, Hong Kong hancur oleh aksi protes berujung kerusuhan yang melibatkan jutaan orang. Konfrontasi ditanggapi polisi dengan menembakkan gas air mata dan peluru karet, dan direspon oleh demonstran dengan bom bensin.

Sebelum tengah malam pada Selasa (31/12), dikutip dari AFP, ribuan pemrotes berkumpul di pusat keuangan, termasuk di sepanjang tepi Victoria Harbour, dan pusat kehidupan malam Lan Kwai Fong.

Para pengunjuk meneriakkan, “Sepuluh! Sembilan! Bebaskan Hong Kong, revolusi sekarang!” saat mereka secara bersamaan menyalakan ponsel untuk menampilkan lautan lampu.

Kerumunan kecil pemrotes di distrik Mong Kok membakar barikade, yang memancing polisi anti huru hara melepaskan tembakan gas air mata 2020 pertama sebagai tanggapan.

Baca juga.. :

Tidak lama sebelum hari terakhir 2019 berakhir, polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa di daerah yang sama. Petugas juga menangkap beberapa pengunjuk rasa yang sedang menyalakan lilin.

Sehari sebelumnya, ribuan orang mengaitkan senjata dalam rantai manusia yang membentang bermil-mil di sepanjang jalan-jalan perbelanjaan yang sibuk, dan melalui lingkungan setempat.

Mereka meneriakkan slogan-slogan, menyanyikan lagu “Glory to Hong Kong“, dan mengangkat poster yang menyerukan orang-orang untuk memperjuangkan demokrasi pada tahun 2020.

“Terima kasih pada 2019, yang merobek topeng jelek polisi dan pemerintah dan membiarkan orang-orang melihat kebenaran,” kata salah seorang demonstran, Kris.

“Gerakan ini agak seperti kemacetan sekarang. Mudah-mudahan partisipasi besar di pawai besok dapat membawa kembali semangat masyarakat,” tambah dia.

TAGS : Tahun Baru 2020 Hong Kong Aksi Protes

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/64903/Duar-Gas-Air-Mata-Pertama-di-2020-Pecah-di-Hong-Kong/