Dukung Pembiayaan UMKM, CIMB Niaga Gandeng Batumbu – KRJOGJA

JAKARTA, KRJOGJA.com – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung pengembangan bisnis di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satunya dengan menggandeng PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu). Perusahaan tersebut merupakan financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang bergerak di bidang pembiayaan UMKM dan telah resmi memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan.

Melalui kolaborasi ini, CIMB Niaga akan menyalurkan pembiayaan dengan skema berbasis channeling untuk tagihan dagang (invoice financing) dari para pelaku UMKM menggunakan digital platform milik Batumbu.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan, di tengah kondisi saat ini, kolaborasi antara perbankan dengan fintech merupakan strategi yang tepat bagi kedua belah pihak untuk terus mengembangkan bisnis. Dalam hal ini, bank dan fintech perlu mengedepankan sinergi yang saling menguntungkan, bukan berkompetisi. Dengan demikian, keduanya dapat berkembang bersama-sama dan saling melengkapi sesuai keunggulan masing-masing.

“CIMB Niaga menyambut baik kemitraan dengan Batumbu. Bagi kami, kerja sama ini adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan efisiensi karena skema penyaluran pembiayaan dilakukan oleh mitra (Batumbu), tentunya dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengacu kepada kriteria penilaian kredit yang berlaku di CIMB Niaga. Melalui kolaborasi ini, kami dapat lebih fokus mengembangkan usaha sesuai dengan keahlian utama kami,” kata Tony di Jakarta, Senin (28/6/2021).

Credit: Source link