Efek Negatif Membiarkan Anak Main Gadget

Efek Negatif Membiarkan Anak Main Gadget

Para pelajar bermain game online (Foto: GB Times)

Jakarta, Jurnas.com – Akhir-akhir ini isu rentan yang mengemukan di ranah daring adalah isu-isu yang terkait dengan asusila, seperti pornografi serta eksploitasi seksual terhadap anak di ranah daring.

Penggunaan gadget tanpa pendampingan di usia dini bisa jadi sumber dari permasalahan yang ada, karena minimnya pendampingan anak  dari orangtuanya di ranah daring, dimana orangtua justru memberikan gadget pada anak-anaknya agar mereka tidak mengganggu, atau agar mereka diam tenang.

“Pembiaran banyak terjadi, karena orangtua tidak menyadari adanya konten-konten negatif di ranah daring”, Ibu Dwi, orangtua, peserta FGD orangtua, dan narasumber orangtua dalam sarasehan.

Selanjutnya, Bapak Tony Seno, Praktisi Teknologi Digital, menyampaikan jika anak anak Gen Z beradaptasi dengan teknologi digital jauh lebih cepat dari orangtuanya.

Namun mereka tetap anak-anak yang belum memiliki pengalaman hidup yang cukup, sehingga mereka sangat rentan terhadap kejahatan-kejahatan di internet.

Adalah merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai orangtua, pemerintah, bisnis ataupun lembaga non-profit untuk saling bekerjasama melindungi anak-anak ini, sampai anak ini cukup dewasa untuk bisa membedakan yang baik dan buruk di dunia digital”.

Bapak Harris Iskandar, Dirjen Paud Dikmas, Kemendikbud, menyampaikan keluarga merupakan salah satu pilar dalam tri sentra pendidikan (rumah, sekolah dan masyarakat) yang berperan penting dalam membentuk generasi emas yang berkarakter dan berbudaya prestasi di masa yang akan datang.

Saat ini peran keluarga semakin penting. Terlebih lagi karena waktu kebersamaan antara orang tua dan anak di rumah kian berkurang, tergantikan oleh kehadiran teknologi informasi. Selain itu dengan semakin tingginya kesibukan orang tua,

Diena Haryana, pendiri Sejiwa berharap solusi dari kerentanan anak di ranah daring ini adalah di tangan keluarga. Diperlukan pendampingan orangtua terhadap anak ketika mereka ada di ranah online, serta kedekatan keluarga yang membuat anak tidak perlu mencari pelarian di internet.

“Jangan terjadi pembiaran anak di internet. Dan bebaskan ruang tidur dari penggunaan gadget, sehingga istirahat anak cukup, dan anak dapat termonitor dengan baik bila menggunakan gadget di ruang yang lebih terbuka,” harapnya.

TAGS : Eksploitasi Anak Teknologi Digital

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60770/Efek-Negatif-Membiarkan-Anak-Main-Gadget/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of