Erdogan Dipastikan Memenangkan Pilpres Turki

0
Erdogan Dipastikan Memenangkan Pilpres Turki

Erdogan berpidato di depan para pendukugnya di depan markas besar Partai AK di Ankara (Foto:Umit Bektas / Reuters)

Istanbul – Recep Tayyip Erdogan sudah dipastikan memenangkan pemilihan presiden. Dari 97,7 persen suara yang sudah dihitung, ia sudah mengantongi separuh suara yang diperlukan untuk mengamankan kemenangan mutlak. Itu disampaiaan kepala Komite Pemilihan Tertinggi (YSK), Sadi Guven, kepada wartawan di ibukota, Ankara.

“Demokrasi kami telah menang, kemauan rakyat telah menang, Turki telah menang,” kata Erdogan kepada kerumunan pendukung yang antusias di ibukota, Ankara, seraya berterima kasih kepada warga Turki yang memberikan suara mereka dalam pemilihan yang mencapai rekor suara 87 persen.

Pria berusia 64 tahun itu juga mengumumkan kemenangan Aliansi Rakyat, blok antara Partai Keadilan dan Pembangunannya yang berkuasa (Partai AK) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP). Ia mengatakan, mereka memenangkan mayoritas parlemen dalam pemilihan legislatif, juga diadakan pada Minggu.



Sebelum menuju Ankara, Erdogan, yang memerintah Turki selama lebih dari 15 tahun sebagai perdana menteri dan presiden, menyampaian pidato kepada para pendukungnya yang bersorak-sorai, bendera-bendera dari atas sebuah bus di kota terbesar di negara itu, Istanbul.

“Saya bersyukur kepada Tuhan karena menunjukkan kepada kita hari yang indah ini,” kata salah satu pendukungnya, Ahmet Dindarol kepada kepada Al Jazeera, saat ikut merayakan kemenangan Erdogan  itu di depan markas AK di Istanbul.

“Kami memilih Recep Tayyip Erdogan sebagai presiden eksekutif pertama Turki. Kami terus berdoa untuk kemenangannya,” tambahnya.

“Segala sesuatunya akan menjadi lebih baik mulai sekarang. Akan ada lebih sedikit birokrasi dan lebih banyak investasi. Kekuatan asing yang bermain di ekonomi Turki mendapat tanggapan mereka,” katanya.

Pesaing terdekat Erdogan, Muharrem Ince, dari partai oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP), menerima 30,8 persen suara, menurut Anadolu.

Kemudian diikuti oleh Selahattin Demirtas, dari Partai Rakyat Demokrat yang pro-Kurdis (HDP), pada 8,1 persen dan debutan sayap kanan Partai IYI (Baik) Meral Aksener, pada 7,4 persen.

“Saya berharap tidak ada yang akan mencoba membayangi hasil dan membahayakan demokrasi untuk menyembunyikan kegagalan mereka sendiri,” kata Erdogan dalam pidatonya.

Untu diketahui, lebih dari 56 juta pemilih memenuhi syarat untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan, yang diajukan oleh lebih dari 18 bulan oleh parlemen yang dikuasai Partai AK pada bulan April. (Al Jazeera)

TAGS : Recep Tayyip Erdogan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/36663/-Erdogan-Dipastikan-Memenangkan-Pilpres-Turki—/

Leave A Reply

Your email address will not be published.