Erdogan Pastikan Sapu Bersih Teroris di Suriah

Erdogan Pastikan Sapu Bersih Teroris di Suriah

Presiden Turki Tayyip Erdogan (Foto: Gulftoday)

Washington, Jurnas.com – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Ankara siap menyapu bersih kelompok teror YPG/PKK dari wilayah timur Sungai Eufrat di Suriah utara.

Berbicara di KTT Pembangunan Berkelanjutan PBB pada Selasa (24/9), Erdogan mengungkapkan bahwa Turki telah menampung 3,6 juta pengungsi Suriah dan telah menghabiskan USD40 miliar untuk mereka.

Erdogan mencatat bahwa Ankara sudah melakukan upaya diplomatik untuk memastikan perdamaian di Idlib, yang menurutnya berada di ambang krisis kemanusiaan.

Ia mengatakan Turki sedang membangun kembali sekolah, rumah sakit, infrastruktur dan superstruktur di kota-kota Suriah yang telah dibersihkan dari teroris.

Sejak 2016, operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun Turki di barat laut Suriah telah membebaskan wilayah tersebut dari teroris YPG/PKK dan Islamic State Iraq and Syria (ISIS), memungkinkan warga yang melarikan diri dari kekerasan untuk kembali ke rumah.

“Sekarang kami sedang bersiap-siap untuk membersihkan timur Sungai Eufrat dari organisasi teroris untuk tujuan yang sama,” kata Erdogan.

Erdogan berjanji untuk membangun kembali daerah-daerah yang dilanda teror.

“Kami akan memastikan, baik warga Suriah di negara kami dan saudara-saudara kami yang tinggal di wilayah tersebut akan berkontribusi untuk rekonstruksi Suriah, sementara perdamaian dipertahankan,” kata presiden.

Erdogan juga meminta para pemimpin dunia di KTT untuk mendukung upaya Turki.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. (aa)

TAGS : Recep Tayyip Erdogan Suriah Utara

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/59848/Erdogan-Pastikan-Sapu-Bersih-Teroris-di-Suriah/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of