Faisol Riza: Rakyat Papua Butuh Partai Lokal Seperti Aceh

Faisol Riza: Rakyat Papua Butuh Partai Lokal Seperti Aceh

Faisol Riza, Anggota DPR dari PKB

Jakarta, Jurnas.com – Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Faisol Riza mengusulkan agar rakyat Papua segera membentuk partai lokal, sebagaimana diperintahkan oleh Undang-Undang Otonomi Khusus Papua.

“Seperti halnya rakyat Aceh, rakyat Papua perlu memiliki partai lokal yang bisa membawa aspirasi rakyat disetiap kabupaten dan kota di Papua dan Papua Barat,” Faisol Riza di Jakarta, Rabu (25/9).

Faisol yang juga dikenal sebagai aktivis 1998 menilai dengan adanya partai lokal Papua, maka upaya Pemerintah Pusat dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Papua semakin mudah dan semakin dekat menjangkau masyarakat.

Kata Faisol, selama ini aspirasi rakyat Papua kurang dapat diserap dan agregasi oleh partai-partai nasional sehingga sering terjadi miskomunikasi antara pemerintah pusat dengan rakyat Papua.

Terjadinya miskomunikasi itu, lanjut Faisol, bisa juga karena wakil-wakil rakyat Papua tidak membawa aspirasi rakyat Papua, sehingga ketegangan politik terus menerus terjadi. Masyarakat pun sangat mudah diadu domba oleh pihak asing.

“Papua bisa mencontoh Aceh, bagaimana semua aspirasi rakyat Aceh saat ini memiliki wadah yang representatif dalam partai lokal, sehingga otonomi khusus di Aceh lebih maju ketimbang di Papua,” ujarnya.

Ia menjelaskan dalam Undang-Undang Otonomi Khusus sudah terbuka bagi rakyat Papua untuk memiliki partai lokal. Anehnya hal tersebut tidak ditindak lanjuti seperti halnya di Aceh.

“Ternyata belum ada peraturan tehnisnya. Presiden Jokowi perlu mendorong Peraturan yang bisa segera mempercepat rakyat Papua memiliki partai lokal disamping partai-partai nasional yang ada,” jelas Faisol.

Mantan Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD) ini berharap, pendirian partai lokal Papua bisa mengatasi miskomunikasi yang selama ini terjadi di Papua.

Dengan demikian, kata Faisol, semua pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat segera diakses untuk kepentingan mensejahterahkan rakyat Papua.

“Partai lokal akan menjadi alat rakyat Papua untuk memastikan semua pembangunan untuk kepentingan rakyat Papua,” ujarnya.

Faisol mewanti-wanti, jangan sampai menurutnya pembangunan di Papua hanya bermanfaat bagi segelintir pengusaha dari luar Papua. Sedangkan rakyat Papua kembali hanya menjadi penonton di tanah kelahirannya.

“Rakyat Papua harus menjadi tuan di tanah Papua dan Papua Barat. Caranya rakyat Papua memiliki partai sendiri dan terlibat aktif ikut merencanakan, menjalankan dan mengontrol percepatan pembangunan Papua,” tegas Faisol.

TAGS : Partai Lokal Papua Faisol Riza PKB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/59846/Faisol-Riza-Rakyat-Papua-Butuh-Partai-Lokal-Seperti-Aceh/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of