Filipina Masih Rawan Gempa Susulan

by

in
Filipina Masih Rawan Gempa Susulan

Ilustrasi Gempa Bumi

Jakarta, Jurnas.com – Tim penyelamat Filipina masih mencari sekitar 12 orang yang dikhawatirkan terkubur di bawah sebuah bangunan di dekat Manila yang runtuh sehari sebelumnya akibat gempa kuat, ketika sebuah gempa kuat baru menghantam negara itu.

Survei Geologi AS menempatkan gempa baru di pulau tengah Samar pada 6,3 skala Richter, yang lebih kuat dari yang melanda dekat dengan ibukota di utara pada Senin.



Pihak berwenang menilai kemungkinan kerusakan akibat gempa terbaru, yang melanda pada kedalaman 70 km, tetapi memperingatkan bahwa penduduk harus mengharapkan gempa susulan.

Kerusakan terburuk pada hari Senin adalah di provinsi Pampanga, yang merupakan lokasi dari sebagian besar dari 11 kematian, kata para pejabat bencana. Lebih dari 100 lainnya terluka oleh puing-puing yang jatuh, termasuk di Manila, menurut polisi.

Baca juga.. :

Jumlah korban bisa bertambah ketika kru menyebar di sebagian besar wilayah pedesaan untuk menilai kerusakan di dusun-dusun terpencil yang kehilangan listrik dan komunikasi di salah satu guncangan terkuat di kawasan itu selama bertahun-tahun.

“Lebih dari 400 gempa susulan telah didaftarkan sejak gempa awal,” kata seismolog Filipina dilansir Nation Multimedia.

Puluhan penyelamat di kota Porac menggunakan crane dan jackhammer untuk mengupas kembali struktur beton dari bangunan pasar berlantai empat tempat Palang Merah mengatakan 24 orang tidak ditemukan.

“Setiap menit, setiap detik sangat penting dalam penyelamatan ini,” Cris Palcis, seorang sukarelawan pengendali anjing.

“Waktunya singkat untuk orang-orang di bawah reruntuhan, jadi kita harus cepat.”

Gubernur Pampanga Lilia Pineda mengatakan kepada wartawan bahwa penyelamat masih bisa mendengar setidaknya satu orang terperangkap di bawah puing-puing, tetapi penggalian itu berjalan dengan hati-hati untuk menghindari kecelakaan yang menghancurkan korban yang selamat.

Gempa itu juga merusak beberapa gereja berusia berabad-abad yang penuh sesak dengan para penyembah dalam beberapa hari terakhir ketika mayoritas Katolik Filipina menandai liburan Paskah.

Pastor Roland Moraleja, yang berbasis di Porac, mengatakan menara lonceng Santo Catherine dari Aleksandria abad ke-18 runtuh akibat gempa.

“Itu adalah satu-satunya bagian yang tersisa dari gereja tua,” katanya kepada AFP. “Nilai historisnya sekarang hilang, tapi kami berharap itu akan naik lagi.”

Bangunan-bangunan tinggi di ibukota bergoyang setelah gempa melanda Senin malam, meninggalkan beberapa dengan retakan besar di dinding mereka.

Ribuan pelancong terdampar setelah otoritas penerbangan menutup Bandara Clark sekunder, yang terletak di lokasi bekas instalasi militer AS yang terletak sekitar satu jam perjalanan ke utara ibukota.

Itu masih ditutup pada hari Selasa ketika para pejabat menilai kerusakan berat pada bangunan terminal dan beberapa retak pada menara kontrol lalu lintas udara.

Gempa itu berpusat di kota Castillejo, sekitar 100 kilometer (62 mil) barat laut Manila, kata ahli geologi lokal. Seismologis menempatkan tremor pada 6,3 pada awalnya, tetapi kemudian menurunkannya menjadi 6,1.

Dani Justo, seorang instruktur seni bela diri, mengatakan kepada AFP bahwa dia berada di rumahnya di Manila selatan ketika gempa terjadi.

“Pakaian yang tergantung di tali kami benar-benar bergoyang. Shih tzu saya (anjing) jatuh rata di tanah,” tambahnya.

Filipina adalah bagian dari “Cincin Api” Pasifik, sebuah busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang yang rawan gempa melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

TAGS : Gempa Filipina Bencana Alam

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/51566/Filipina-Masih-Rawan-Gempa-Susulan/