Gedung Putih Persilakan Turki Serang Kurdi

Gedung Putih Persilakan Turki Serang Kurdi

Pejuang Kurdi dari Unit Perlindungan Rakyat (YPG) berdiri dekat kendaraan militer AS di kota Darbasiya perbatasan Turki, Suriah pada 29 April 2017 (Foto: Reuters)

Washington, Jurnas.com – Gedung Putih mengumumkan bahwa Turki akan segera memulai operasi militernya di Suriah Utara, yang menimbulkan ketidakpastian nasib bagi para pejuang Kurdi yang bersekutu dengan Amerika Serikat (AS), dalam melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Sekretaris pers Gedung Putih, Stephanie Grisham mengatakan pada Minggu (Senin pagi) bahwa pasukan AS “tidak akan mendukung atau terlibat dalam operasi tersebut”, dan “tidak akan lagi berada di daerah terdekat.”

Dikutip dari The Guardian, tidak jelas apakah itu berarti AS akan menarik 1.000 atau lebih pasukannya sepenuhnya dari Suriah Utara.

Grisham mengatakan, setelah panggilan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Turki memutuskan akan menahan para pejuang asing yang ditangkap dalam kampanye melawan ISIS.

Seperti diketahui, Turki telah memperingatkan untuk melakukan operasi militer di timur Sungai Eufrat. Namun rencana itu ditunda setelah AS berjanji akan menciptakan zona aman di perbatasan timur laut Suriah dengan Turki.

Pasukan Kurdi menanggung beban terberat dari kampanye darat melawan ISIS, tetapi dianggap sebagai “teroris” oleh pemerintah Turki. Gedung Putih pun bungkam terkait nasib Kurdi.

Awal bulan ini, Erdogan mengatakan bahwa Turki tidak punya banyak pilihan selain bertindak sendiri dalam menciptakan “zona aman” di Suriah. Rencananya, Turki akan membangun sebuah zona seluas 30 km di sepanjang perbatasan dengan Suriah.

Ankara akan mengizinkan hingga dua juta pengungsi Suriah untuk bermukim di daerah itu, tetapi ingin daerah itu harus bersih dari suku Kurdi.

Sejak setuju untuk mengatur zona di Suriah utara, Turki telah berulang kali memperingatkan tindakan militer sepihak jika upaya tidak memenuhi harapan, mengatakan tidak akan mentolerir upaya apa pun oleh AS untuk menghentikan proses.

TAGS : Turki Gedung Putih Kurdi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60467/Gedung-Putih-Persilakan-Turki-Serang-Kurdi/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of