Gunung Berapi Taal Filipina Mulai Memuntahkan Lava

by

in
Gunung Berapi Taal Filipina Mulai Memuntahkan Lava

Gambaran gunung Taal Filipina mulai menyemburkan lahar (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com – Sebuah gunung berapi di Filipina mulai memuntahkan lahar, karena pihak berwenang memperingatkan bahwa “letusan berbahaya” mungkin “dalam beberapa jam atau hari.

Pada dini hari Senin lava lemah mulai mengalir keluar dari gunung berapi Taal, yang terletak sekitar 70 km (45 mil) selatan ibukota Manila.

Dilansir BBC, itu terjadi setelah mengeluarkan segumpal besar abu yang memicu evakuasi sekitar 8.000 orang dari daerah tersebut.

Taal adalah gunung berapi paling aktif kedua di Filipina.

Ini adalah salah satu gunung berapi terkecil di dunia dan telah mencatat setidaknya 34 letusan dalam 450 tahun terakhir.

Baca juga.. :

“Gunung berapi Taal memasuki periode kerusuhan hebat yang berkembang menjadi erupsi magmatik pada pukul 02:49 hingga 04:28, ini ditandai dengan air mancur lava yang lemah disertai dengan guntur dan kilatan petir,”bunyi pernyataan Institut Vulkanologi Filipina dan Seismologi (PHIVOLCS).

PHIVOLCS juga telah memperingatkan kemungkinan “tsunami vulkanik”.

Gunung berapi itu memancarkan gumpalan abu raksasa pada Minggu, dan suara gemuruh dan getaran juga dilaporkan.

Penerbangan di bandara internasional Manila dihentikan karena abu vulkanik. Bursa saham Manila juga mengumumkan akan menghentikan semua perdagangan.

TAGS : Gunung Taal Wilayah Filipina

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65552/Gunung-Berapi-Taal-Filipina-Mulai-Memuntahkan-Lava/