Gus Nabil Maknai Lahir Pancasila dengan Bergotong Royong

by

in
Gus Nabil Maknai Lahir Pancasila dengan Bergotong Royong

Anggota Komisi IX DPR, Muchamad Nabil Haroen

Jakarta, Jurnas.com – Di tengah pandemi Covid-19, Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memaknai Hari Lahir Pancasila dengan cara menyerap nilai-nilai Pancasila dengan baik. Yakni nilai ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, kerakyatan, dan kesejahteraan, untuk menjaga bangsa ini dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

“Nilai-nilai yang diwariskan oleh para pendiri bangsa di dalam Pancasila menjadi penting untuk terus dimaknai dan disegarkan. Nilai ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, kerakyatan, kesejahteraan merupakan nilai-nilai utama bangsa Indonesia. Kita perlu menyegarkan nilai-nilai itu, agar tidak tergerus kekerasan rasial dan frustasi akibat krisis Covid-19,” kata Gur Nabil, melalui siaran persnya, Senin (1/6).

Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, hingga saat ini belum ada prediksi akurat kapan virus Corona akan berakhir. Selain itu, konsekuensi dan krisis yang membayangi masih terus terjadi.

Bahkan, di beberapa kawasan, pertumbuhan kasus positif masih signifikan, dengan korban jiwa yang tidak juga sedikit. Hal itu merupakan tantangan bersama setiap bangsa, tidak hanya Indonesia, tapi juga hampir semua negara.

Selain itu, Hari Lahir Pancasila, yang diperingati setiap 1 Juni ini juga harus dijadikan momentum untuk menghindari munculnya kekerasan rasial.

Baca juga.. :

“Cukuplah krisis rasial di Amerika Serikat menjadi pelajaran kita bersama. Jangan sampai energi kemarahan dan isu rasial merembet ke negeri ini,” ujar Nabil.

Ia menilai bangsa Indonesia merupakan bangsa yang tangguh. Karena itu, pemimpin Indonesia harus serius membawa bangsa ini dengan potensi besarnya untuk bangkit dan mewarnai dunia di level internasional.

Nilai-nilai gotong royong, falsafah Pancasila, serta hubungan harmonis agama dengan negara, menjadi bagian penting agar bangsa Indonesia keluar dari kemelut apa pun yang nanti akan terjadi.

Bahkan dengan Covid-19, bangsa Indonesia harus bisa menjaga kedisiplinan dengan menggunakan protokol kesehatan dan keamanan yang ditetapkan, sehingga sekaligus dapat mengenalkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan kepada bangsa lain.

“Mari memaknai Hari Lahir Pancasila untuk saling menjaga, saling mendukung, bergotong royong memasuki era baru new normal, dengan persatuan dan kesatuan antar anak bangsa,” pungkasnya.

TAGS : Warta DPR Komisi IX DPR Pancasila

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73231/Gus-Nabil-Maknai-Lahir-Pancasila-dengan-Bergotong-Royong/