Hari Tanpa Kutang, Simak 4 Faktanya Untuk Kesehatan Perempuan

JawaPos.com – Setiap 13 Oktober, perempuan di dunia diajak untuk memperingati Hari Tanpa Kutang atau No Bra Day. Sehingga pada hari ini, perempuan ditantang untuk tidak memakai bra atau kutang. Tujuannya sebagai pemberi semangat untuk perempuan para penyintas kanker payudara dan pentingnya deteksi dini.

Lalu sebenarnya adakah manfaat lain terutama dari sisi kesehatan saat tak pakai kutang? Beberapa pakar dilansir dari Shape, Selasa (13/10), mengupas fakta pentingnya tak memakai kutang atau bra untuk kesehatan tubuh terutama area payudara.

1. Jaringan Payudara

Jaringan payudara bersandar ke dinding otot dada melalui bagian belakang payudara, dan area perlekatan tunggal ini adalah satu-satunya sumber stabilitas. Pakar Obgyn Sherry Ross, M.D. yang juga penulis She-ology mengatakan, dengan tak memakai bra sehari berarti sebagian besar jaringan payudara bebas dari gerakan agresif yang dapat menyebabkan trauma dan nyeri. Namun, saat berolahraga, tetap penting untuk memakai bra.

“Bra sangat penting saat olahraga terutama berlari,” katanya. “Jika Anda tidak memakai bra, payudara Anda akan melorot,” sambung Dr. Ross.

Lalu bagaimana jika hanya di rumah? Apalagi saat ini sedang Work From Home selama pandemi.

“Jika ada kekurangan penopang jangka panjang yang tepat, jaringan payudara akan meregang dan kendor, terlepas dari ukuran payudaranya,” ungkapnya.

Namun, Ahli bedah payudara dan profesor bedah di Rush University Medical Center di Chicago, mengatakan bahwa kendur lebih mungkin terjadi karena dipengaruhi kepadatan payudara. Jika memiliki lebih banyak lemak daripada jaringan fibrosa (yaitu lebih besar), payudara cenderung melorot. Dan untuk wanita berpayudara kecil, tidak ada pengaruh apapun pakai bra atau tidak.

2. Efek Samping Pakai Bra

Selain dari segi estetika, kurangnya penyangga atau bra yang tepat juga berpotensi menimbulkan rasa sakit. Tapi, saat tak memakai bra juga bisa menimbulkan masalah sakit punggung. Sekali lagi, ini lebih mungkin menjadi masalah bagi perempuan dengan payudara lebih besar.

3. Manfaat No Bra Day

Ahli Kesehatan, Madrigrano M.D mencatat bahwa satu penelitian di Prancis menemukan, mengenakan bra justru dapat menyebabkan kendur. Sebab bra melemahkan otot dada (dada). Maka tak hanya pakai bra, akan lebih baik tetap berolahraga agar otot payudara kencang.

Mengenakan bra dapat menyebabkan penumpukan keringat di payudara. Sehingga menyebabkan pertumbuhan berlebih dari jamur, peradangan, dan bahkan infeksi jamur.

Maka Dokter Kulit di California, Devika Icecreamwala, M.D., mengungkapkan manfaat tak memakai bra. Sebab bra bisa membuat tanda-tanda jamur dan infeksi berikutnya termasuk kemerahan, gatal, dan atau bau di bawah payudara.

4. Lebih Lega Usai Aktivitas

Saat tak pakai bra, perempuan menjadi lebih rileks dan lega selepas bekerja. Maka setelah lelah seharian bekerja, melepas bra sebelum istirahat bisa membuat tubuh lebih santai.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link