HRW Pertanyakan Penangkapan Massal Saudi terhadap Warga Palestina dan Yordania

by

in
HRW Pertanyakan Penangkapan Massal Saudi terhadap Warga Palestina dan Yordania

Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 9 Oktober 2018 (Foto: Onur Coban/Anadolu Agency)

New York, Jurnas.com – Human Rights Watch (HRW) mempertanyakan keadaan di sekitar penangkapan massal, penahanan dan persidangan Arab Saudi terhadap sejumlah warga Palestina dan Yordania yang disebut terkait organisasi teroris yang tidak disebutkan namanya.

Dalam sebuah laporan Jumat (17/4), HWR merefleksikan bagaimana kerajaan itu melakukan penahanan terhadap 68 warga Palestina dan Yordania, yang semuanya adalah penduduk Saudi jangka panjang, pada Maret 2018.

Para tahanan ditahan selama hampir dua tahun tanpa bisa menerapkan hak mereka pada proses yang seharusnya, dan diberikan persidangan tertutup di Pengadilan Kriminal Khusus di ibukota Saudi hanya bulan lalu untuk pertama kalinya sejak ditangkap.

Mereka hanya diberikan selembar kertas yang berisi tuduhan mendukung pakaian yang diduga teroris, kata HWR, mengutip beberapa anggota keluarga, yang menyaksikan sebagian dokumen itu.

“Seluruh drama ditandai oleh tidak adanya tuduhan atau bukti spesifik,” kata HRW.

Baca juga.. :

HWR dengan enam anggota keluarga, yang semuanya meminta anonimitas karena khawatir mendapat ancaman mencerikan penggerebekan keamanan, penghilangan paksa, pengurungan jangka panjang, dan penyiksaan.

“Sejumlah besar pasukan keamanan masuk mengenakan topeng, dengan senjata dan kamera, seolah-olah mereka akan berperang,” kata satu orang.

“Saya harus memberi tahu dia (anak perempuan saya yang berusia sembilan tahun) bahwa mereka sedang mencari pencuri,” sambungnya.

Kerabat lainnya mengutip seorang tahanan yang mengatakan, para interogator biasa membangunkannya pada jam 5 pagi untuk meletakkan kepalanya di air panas. “Kadang-kadang mereka menggantungnya secara terbalik selama dua hari,” katanya.

Amnesty International sudah mengidentifikasi salah satu tahanan sebagai Dr. Muhammed al-Khudari, anggota peringkat gerakan perlawanan Hamas di Palestina.

Organisasi hak asasi manusia yang berbasis di Inggris itu meminta Raja Salman dari Saudi segera membebaskan pria yang berusia 82 tahun itu, karena kanker dan wabah virus korona baru yang sangat menular.

“Rekor panjang jejak tidak adil di Arab Saudi menimbulkan momok, warga Yordania dan Palestina akan dipenjara dengan tuduhan serius dan menghadapi hukuman berat meskipun beberapa orang diduga melakukan pelanggaran serius,” kata Wakil Direktur HRW di Timur Tengah, Michael Page.

“Pada saat COVID-19 menghadirkan bahaya akut bagi tahanan, Arab Saudi harus mempertimbangkan alternatif penahanan, khususnya bagi mereka yang berada dalam penahanan praperadilan,” tambahnya.

Arab Saudi, yang mempraktikkan ideologi radikal Wahabisme, secara samar-samar memperluas definisi terorisme dalam sistem hukumnya pada 2017, setelah itu kerajaan mulai melancarkan serangan berulang-ulang terhadap para aktivis dan pembangkang yang damai. (Press TV)

TAGS : Arab Saudi Palestina Human Rights Watch Warga Yordania Warga

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70826/HRW-Pertanyakan-Penangkapan-Massal-Saudi-terhadap-Warga-Palestina-dan-Yordania/