HUT ke-20 Apkasindo, Moeldoko: Terbukti Bisa Bantu Petani

JawaPos.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) merayakan ulang tahunnya ke-20. Acara syukuran organisasi petani sawit terbesar di Indonesia ini dirayakan sederhana di Jakarta dengan tetap mentaati protokol kesehatan.

Hadir dalam acara itu sejumlah menteri dan pejabat eselon yang hadir antara lain Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kepala KSP/Ketua Dewan Pembina DPP Apkasiondo Jend.TNI (Purn) Moeldoko, dan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono. Kegiatan ini diikuti 200 peserta melalui virtual dari kalangan Dewan Pembina, Dewan Pakar, pengurus wilayah, dan anggota Apkasindo serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Menkomarev Luhut mengucapkan selamat kepada Apkasindo di bawah kepemimpinan Gulat Manurung sebagai Ketua Umum dan Rino Afrino sebagai Sekjen yang telah menjalankan roda organisasi sangat baik.

“Saya berharap dengan kepemimpinan Pak Gulat dan Pak Rino, asosiasi petani kelapa sawit ini terus berkembang dan mampu berkontribusi bagus untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” ujar Luhut sebagaimana dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Luhut berharap, organisasi petani sawit ini diharapkan mampu menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan mau dipecah belah orang lain. karena itu, peran Apkasindo sangat besar karena anggotanya berasal dari petani sawit biasa. “Saya percaya dengan kepemimpinan Pak Gulat dan Pak Rino, organisasi ini mampu berkontribusi dengan baik kepada kesatuan dan persatuan serta kesejahteraan petani kita semua. Sekali lagi, selamat HUT ke-20  kepada Apkasino,” kata Luhut.

Selanjutnya, Mentan Syahrul Yasin Limpo melalui teleconference, menyatakan dirinya ingin dekat dengan semua jajaran Apkasindo di bawah kepemimpinan Gulat Manurung dan Rino Afrino.

“Mari kita sama-sama bergandengan tangan agar seluruh aspek pertanian berjalan baik di masa datang. Saya yakin peranan Apkasidno di perkebunan sawit kita berharap akan mampu akselerasi dan tingkatkan berbagai upaya kita agar besok Apkasindo bersama rakyat akan berkembangan lebih baik dan terus maju,” ujar Syahrul Yasin Limpo.

Mentan juga berharap jajaran pertanian terutama asosiasi seperti Apkasindo bisa menjadi kekuatan ekonomi rakyat untuk menghadirkan pekebun kita lebih baik hidupnya di masa datang. Suka atau tidak pertanian berkontribusi baik di tengah pandemi. Perkebunan memberikan tren positif kepada kita. Sektor pertanian yang 16,2 persen dan nilai tukar petani naik.

“Begitupula sektor perkebunan naik ini menandakan sektor perkebunan lebih baik di masa datang,” ujarnya.

Syahrul Yasin Limpo menuturkan, ulangtahun ke-20 Apkasindo memberikan nilai dan arti sangat besar bagi kehidupan masyarakat secara nasional. Maupun dapat menjadi kekuatan secara nasional.

“Anggota keluarga besar Apkasindo yang saya banggakan. Di hari ulangtahun ini, kita dapat menyatukan emosional kita. Bahwa negara membutuhkan kita. Apkasindo dibutuhkan Kementerian Pertanian dalam membuat konsep dan menghadirkan program yang berkepentingan terhadap perkebunan,” sambung Mentan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina DPP Apkasindo Jend.TNI (Purn) Moeldoko berharap Apkasindo yang diharapkan dapat menjembatani petani serta membantu persoalan yang mereka hadapi.

“Dulu waktu pelantikan pengurus, saya katakan jika organisasi (Apkasindo) tidak bermanfaat. Tidak usahlah, bubar saja. Tapi sekarang, pengurus Apkasindo membuktikan bisa membantu petani,” ujar Moeldoko yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan RI.


Credit: Source link