HUT RI Momentum Tingkatkan Kualitas Insan Perhubungan

by

in
HUT RI Momentum Tingkatkan Kualitas Insan Perhubungan

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo memimpin upacara peringatan HUT ke-74 RI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (17/8).

Banjarmasin, Jurnas.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) tahun ini, hendaknya dijadikan momentum untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Juga sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas dan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang transportasi.

Demikian sambutan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo saat memimpin Upacara HUT ke-74 RI yang berlangsung di Dermaga Terminal Penumpang Bandarmasih, Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hari ini (17/8).



“Kemerdekaan yang telah diproklamirkan 74 tahun silam bukan semata-mata merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia, tetapi sebagai titik awal bagi bangsa untuk memulai kehidupan sebagai sebuah negara yang merdeka dan berdaulat serta untuk mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Dirjen Agus.

Indonesia sebagai bangsa yang besar harus memiliki cita-cita dan mimpi-mimpi yang besar.  Kemerdekaan yang merupakan hasil perjuangan para pahlawan harus diisi dengan rasa syukur serta bekerja keras dan ikhlas membangun jiwa dan raga bangsa Indonesia, serta ikut melestarikan dan menjaga hasil-hasil pembangunan.

Baca juga.. :

“Seiring dengan tema HUT Kemerdekaan RI tahun ini, yakni `SDM Unggul Indonesia Maju` saya berharap, sebagai insan perhubungan harus selalu semangat dan optimistis untuk meningkatkan potensi kita sebagai sumber daya manusia di bidang transportasi,” tegas Dirjen Agus.

Kualitas SDM transportasi mencerminkan wajah keunggulan sebuah bangsa. Transportasi sebagai kebutuhan dasar yang menggerakan sektor-sektor strategis lainnya. Oleh karena itu peningkatan kualitas SDM insan perhubungan berjalan sinergis dengan pembangunan dan kemajuan negara.

Permintaan jasa transportasi di Indonesia mengalami peningkatan sangat pesat. Hal ini harus diimbangi dengan ketersediaan SDM transportasi yang berkualitas.

“Dalam upaya mewujudkan SDM transportasi berkualitas, Kementerian Perhubungan terus berkomitmen menyiapkan SDM yang siap menghadapi pesatnya kemajuan sektor transportasi, tantangan global, maupun revolusi industri 4.0 melalui pendidikan dan pelatihan dalam kurun waktu 2015-2019,” katanya.

Menurut Agus, hanya dengan pembangunan manusia yang unggul, bangsa Indonesia akan melangkah mencapai cita-cita kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum.

Pada kesempatan tersebut diresmikan juga dimulainya rangkaian kegiatan Harhubnas 2019 dengan tema “Menyambung Nusantara Merajut Bangsa, Bukti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju.”

TAGS : HUT RI SDM insan perhubungan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/57737/HUT-RI-Momentum-Tingkatkan-Kualitas-Insan-Perhubungan/