Ini Tiga Prinsip Pemerintah Buat Vaksin Covid-19

by

in
Ini Tiga Prinsip Pemerintah Buat Vaksin Covid-19

Vaksin virus corona Italia memiliki antibodi yang dihasilkan pada tikus yang bekerja pada sel manusia, menurut tes yang dilakukan di Rumah Sakit Spallanzani, penyakit menular Roma. (File foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan dalam pembuatan vaksin Covid-19 melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah adanya tim pakar di bidang vaksin dan obat.

“Untuk memastikan bahwa kandidat vaksin yang dibuat betul-betul sesuai dan cocok untuk kepentingan perlindungan kepada masyarakat Indonesia,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jumat (24/7/2020).

Wiku menyampaikan, ada tiga prinsip yang dijalankan pemerintah dalam pembuatan vaksin Covid-19. Antara lain aman, tepat dan cepat.

“Kami perlu jelaskan apa yg dimaksud dengan aman. Adalah vaksin tersebut mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat indonesia dan tidak ada efek samping,” ungkapnya.

Sementara yang dimaksud dengan tepat adalah vaksin tersebut harus bisa menimbulkan kekebalan spesifik pada virus yang beredar di Indonesia. Lalu yang dimaksud dengan cepat adalah diharapkan vaksin dapat segera diproduksi untuk melindungi rakyat Indonesia.

Baca juga.. :

“Maka dari itu, harus dilakukan seluruh ujinya, termasuk uji klinis bisa terlaksana dengan cepat tapi juga benar.Terakhir dalam konteks cepat, harus bisa diproduksi dengan baik dan dalam jumlah yang memadai untuk betul-betul dapat memberikan vaksin kepada seluruh rakyat Indonesia yang perlu diberikan perlindungan,” pungkasnya.

TAGS : Covid-19 Vaksin Satgas Covid-19

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75990/Ini-Tiga-Prinsip-Pemerintah-Buat-Vaksin-Covid-19/