Inilah Lima Pimpinan DPR, Puan Maharani Jabat Ketua

Inilah Lima Pimpinan DPR, Puan Maharani Jabat Ketua

Pimpinan DPR

Jakarta, Jurnas.com – Lima pimpinan DPR periode 2019-2024 resmi dilantik melalui sidang Paripurna. Puan Maharani menjadi Ketua DPR lima tahun ke depan.

Rapat dipimpin oleh pimpinan DPR sementara yang dipilih berdasarkan anggota dewan tertua dan termuda, Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Demokrat.

Abdul Wahab membacakan hasil keputusan rapat konsultasi badan musyawarah (Bamus) yang memutuskan lima pimpinan DPR periode 2019-2024.

Ketua dan Wakil Ketua DPR 2019-2024 dipilih berdasarkan hasil Pileg 2019. Partai yang berhak mendapat kursi pimpinan DPR adalah PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB. PDIP berhak mendapatkan jatah kursi Ketua DPR karena keluar sebagai pemenang Pemilu 2019.

“Sesuai hasil rapat konsultasi, bahwa pimpinan DPR RI adalah sebagai berikut,” kata Abdul Wahab.

Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI,” lanjutnya.

Selanjutnya, Abdul Wahab menanyakan kepada seluruh anggota dewan yang hadir dalam rapat paripurna DPR apakah keputusan itu dapat disetujui.

“Setuju,” jawab hadirin. Abdul Wahab kemudian mengetuk palu tanda pengesahan.

Kemudian, kelima pimpinan DPR diambil sumpah atau janji jabatan. Pengambil sumpah dipimpin Ketua MA Hatta Ali.

Berikut bunyi petikan sumpah/janji yang dibacakan:

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

TAGS : Pimpinan DPR Puan Maharani

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60186/Inilah-Lima-Pimpinan-DPR-Puan-Maharani-Jabat-Ketua/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of