Iran akan Tetap Kurangi Komitmennya Berdasarkan Pakta Nuklir

by

in
Iran akan Tetap Kurangi Komitmennya Berdasarkan Pakta Nuklir

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi (Foto: Reuters)

Teheran, Jurnas.com – Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi, mengatakan, Teheran akan terus mengurangi komitmennya berdasarkan perjanjian nuklir multilateral 2015 hingga tuntutan hukumnya dipenuhi para anggota pakta nuklir dari partai Eropa.

“Seperti yang telah kami katakan, kami akan terus mengurangi komitmen kami untuk kesepakatan hingga partai dari Eropa mengamankan kepentingan Iran di bawah kesepakatan,” kata Araqchi kepada wartawan di ibukota Austria Wina, Minggu (28/7).



Pernyataan itu dilontarkan di sela pertemuan Komisi Gabungan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), nama resmi kesepakatan nuklir yang ditandatangani pada 2015 antara Iran dan enam negara adidaya, Prancis, Inggris, Amerika Serikat (AS), Rusia dan China plus Jerman plus Jerman.

Tahun lalu, AS secara sepihak keluar dari perjanjian tersebut dan memberlakukan kembali sanksi kepada Iran yang sudah dicabutnya di bawah JCPOA. Imbas penarikan itu, masa depan pakta nuklir pun tak jelas.

Baca juga.. :

Eropa yang bernjanji melindungi Iran dari sanksi AS dan menjaga JCPOA agar tetap, namun tak membuahkan hasil. Hal itulah mendorong Teheran menggunakan hak hukumnya menanggapi dan menunda melaksanakan beberapa komitmennya berdasarkan paktar nuklir tersebut.

Sekedar diketahui, Pertemuan Wina diadakan untuk membahas sengketa yang pecah antara Iran dan para anggota pakta nuklir setelah keluarnya Washington.

Mengomentari pertemuan itu, Araqchi mengatakan, “Suasananya konstruktif. Diskusi itu bagus. Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami menyelesaikan semuanya, saya bisa mengatakan ada banyak komitmen untuk JCPOA dan kelangsungan hidupnya.”

Pertemuan Komisi Gabungan sebelumnya diadakan pada 28 Juni, lebih dari sebulan setelah Iran memulai mengurangi komitmennya, yang menurut Teheran hanya dimaksudkan untuk mengembalikan keseimbangan antara hak dan kewajibannya.

Langkah-langkah itu secara teknis tidak melanggar perjanjian, tetapi menandakan bahwa kesabaran Iran semakin tipis. Iran mengatakan langkah-langkahnya akan dibalik begitu Eropa memenuhi kewajibannya.

TAGS : Kesepakatan Nuklir Eropa Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/56647/Iran-akan-Tetap-Kurangi-Komitmennya-Berdasarkan-Pakta-Nuklir/