Iran Sebut Sanksi Adalah Perang Paling Mematikan

by

in
Iran Sebut Sanksi Adalah Perang Paling Mematikan

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Seyyed Abbas Mousavi (Foto: Presstv)

Teheran, Jurnas.com – Pemerintah Iran mengecam pernyataan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Steven Mnuchin yang mengatakan, sanksi Washington terhadap Teheran adalah alternatif dari perang militer.

Dalam sebuah wawancara dengan Hadley Gamble dari CNBC di Forum Doha di Qatar yang diterbitkan pada Sabtu (14/12), Mnuchin mengatakan, sanksi seperti yang diberlakukan Iran digunakan untuk menghindari kemungkinan perang.

“Alasan mengapa kita menggunakan sanksi adalah karena sanksi merupakan alternatif penting untuk konflik militer dunia. Dan saya yakin itu berhasil. Jadi apakah itu Korea Utara, apakah itu Iran atau tempat lain di dunia, kami mengambil tanggung jawab dengan sangat serius,” katanya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi menanggapi pernyataan Mnuchin itu di akun Twitter-nya pada Senin (16/12) waktu setempat.

“Sanksi adalah perang ekonomi dan lebih buruk dari itu, #TerorismeEkonomi, yang secara tidak adil menargetkan warga sipil terutama anak-anak, orang tua & orang sakit,” tulisnya.

Baca juga.. :

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengumumkan sanksi pada Rabu lalu yang menyasar Jalur Pelayaran Republik Islam Iran (IRISL) dan Mahan Air – dua senjata utama transportasi sipil Iran.

Departemen Keuangan AS mengatakan, sanksi yang baru diumumkan Washington menargetkan industri transportasi udara dan maritim Iran akan mengarah pada pembatasan perdagangan terkait barang-barang kemanusiaan.

“Orang-orang AS akan dilarang melakukan transaksi yang melibatkan Republik Islam Iran Garis Pelayaran (IRISL) atau E-Sail, termasuk transaksi untuk penjualan komoditas pertanian, makanan, obat-obatan, atau peralatan medis,” kata Departemen tersebut.

Ketegangan meningkat antara Iran dan AS sejak Mei lalu, ketika Presiden Trump menarik Washington dari kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dan kelompok negara-negara P5 +1 yang terdiri dari AS, Inggris, Prancis, Rusia, dan China plus Jerman.

Bukan hanya keluar dari pakta itu tapi juga menerapkan kembali sanksi yang telah dicabut berdasarkan kesepakatan, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA).

Sebagai tanggapan, Iran mengurangi komitmen nuklirnya sesuai dengan Pasal 26 dan 36 JCPOA. Namun, negara itu juga menekankan bahwa tindakan pembalasannya akan dicabut begitu Perancis, Inggris dan Jerman menemukan cara praktis melindungi perdagangan bersama dari sanksi AS.

Berbicara pada pertemuan kabinet mingguan di Teheran pada Rabu lalu, Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan pemerintahannya bertekad untuk mengatasi sanksi terhadap negara melalui cara yang berbeda tetapi tidak akan mengkompromikan garis merahnya.

“Kita harus melewati sanksi atau memaksa musuh untuk bertobat, dan pemerintah bertekad untuk menggagalkan plot (sanksi) ini baik melalui peningkatan produksi dalam negeri dan cara lain yang berbeda seperti negosiasi,” kata Rouhani.

“Tetapi dengan melakukan itu, pemerintah akan bertindak sejalan dengan garis merah Iran dan tidak akan melewatinya,” sambungnya.


TAGS : Sanksi Amerika Serikat Steven Mnuchin Perang Modern Tekanan Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/64138/Iran-Sebut-Sanksi-Adalah-Perang-Paling-Mematikan/