Jalur Sepeda Seru di Jerman

indopos.co.id – Meski bepergian ke Jerman belum dapat terwujud tahun 2020, Anda bisa mencatat daftar tempat dan aktivitas yang ingin diwujudkan saat liburan mendatang, termasuk bersepeda sambil menikmati pemandangan alam di sana.

Dikutip dari siaran resmi Badan Turis Nasional Jerman (GNTB), Minggu, berikut beberapa jalur bersepeda seru yang bisa jadi acuan liburan Anda setelah pandemi COVID-19 berakhir.

 

Kota dan Desa

Dengan lebih dari 200 rute bersepeda jarak jauh di Jerman, ada banyak kesempatan untuk melihat apa yang ditawarkan oleh kota-kota dan pedesaan di Jerman. Salah satu rute bersepeda yang ada, Rhine Cycle Route memberikan sebuah pengalaman mengenai Jerman secara klasik.

Dengan sungai yang menjadi jantung kehidupan di banyak wilayah di Jerman, para pesepeda dapat mengeksplorasi sejarah, budaya, dan arti penting sungai dari sumbernya di pegunungan Alpen hingga pantai Laut Utara.

Rute ini melewati beberapa situs Warisan Budaya Dunia UNESCO, seperti tebing Loreley Rock setinggi 194 meter yang terkenal di Upper Middle Rhine Valley; dan Constance, kota abad pertengahan yang terkenal akan keromantisan dan gedung parlemennya yang mengagumkan dimana dahulu menjadi tempat pemilihan pimpinan agama Katolik tahun 1417.

 

Menelusuri Daerah Penghasil Anggur

Para pesepeda yang senang menikmati minuman berkelas dapat menjelajahi rute yang melintas area pedesaan dan perkebunan anggur Jerman. Sepanjang perjalanan pada German Wine Route, para pesepeda dapat melewati daerah penghasil anggur terbesar di Jerman, dengan kebun anggur yang rimbun menghias lereng bertingkat antara kaki bukit Palatinate Forest dan Rhineland Plain.

Di sini terdapat banyak penginapan dan kilang anggur. Para pesepeda dapat berhenti sejenak untuk mencicipi Rieslings, Pinot Blancs dan Dornfelders, yang merupakan produk anggur yang direkomendasikan.

Bagi mereka yang mencari rute alternatif, Moselle Cycle Route jalur sepeda yang menembus pegunungan Vosges bagian selatan di Perancis dan membawa para pesepeda melintasi jalur memutar dan berliku lembah-lembah nan romantis, serta area produksi anggur Middle Moselle Roman dapat menjadi pilihan.

Jalur bersepeda ini juga melewati Bliesgau UNESCO Biosphere Reserve, yang dikenal sebagai Tuscany of the Saarland yang kaya akan budaya kulinernya.

 

Mengenang sejarah

Pencinta sejarah dapat menjelajahi Allgäu Castle Park Cycle Loop, rute sepanjang 219 kilometer yang menawarkan selain pemandangan indah juga pengalaman sejarah dan budaya yang menggairahkan.

Setelah mencicipi minuman di kota tua Füssen, jalur bersepeda ini membawa para pesepeda ke Hohenschwangau, yang menghamparkan pemandangan megah puncak pegunungan Alpen, Istana kerajaan dan museum yang dipersembahkan khusus untuk Raja Bavaria, Ludwig II yang juga dikenal sebagai si raja dongeng.

Jalur ini juga membawa para pesepeda melintasi kaki bukit dari pegunungan Alpen yang megah, dengan banyak kastil, istana dan biara yang dapat dikunjungi, termasuk Falkenstein Castle, Pilgrimage Church of Wies — sebuah Situs Warisan Budaya UNESCO — dan Kaltentaler Brauhaus, yang terkenal akan bir buatan

 

Taman Firdaus

Di sisi lain, para wisatawan yang memilih untuk tidak bersepeda dapat juga mengeksplorasi Jerman melalui pilihan pendakian yang sedikit menuntut fisik namun santai dan ramah bagi keluarga.

Dengan pilihan 50 rute yang terbagi dalam berbagai kategori dan jaringan lintasan sejauh 200.000 kilometer, pilihan wisata ini tidak membuat membuat Anda kehilangan kesempatan menikmati pemandangan dan kehidupan indah di Jerman.

Menjelajahi taman-taman alami, taman-taman nasional, UNESCO Biosphere Reserves, dan bahkan puncakpuncak pegunungan. Pendakian sehari di 6 Lakes Trail yang berlokasi satu jam dari Berlin dapat membawa para wisatawan ke sejumlah danau, sungai, dan rawa-rawa sambil menikmati keajaiban peninggalan bersejarah seperti Sanssouci Palace dan Cecilienhof Palace.

Selain pemandangan perairan spektakuler, Heidschnuckenweg Trail membawa para pendaki melintasi lautan padang bunga lilac yang romantis dan padang rumput yang dipenuhi oleh domba Heidschnucke yang terkenal akan kelezatan daging dan bulunya di kawasan tersebut.

Dijuluki sebagai lintas pendakian paling indah di Jerman, The Painters’ Way memadukan pendakian romantis di pegunungan Elbe Sandstone dengan bentangan alam mempesona yang memberikan inspirasi bagi para pelukis era-Romantis seperti Caspar David Friedrich.

Pemandangan seperti ini benarbenar membawa pelancong melintasi waktu, karena menjadi latar alam di film-film Hollywood seperti The Chronicles of Narnia dan The Grand Budapest Hotel.

Jika Anda lebih menyukai lintas perjalanan yang santai sebagai pilihan, Anda dapat memilih Goldsteig Trail, rute Bavarian klasik yang namanya diambil dari komoditas yang pernah sangat berharga yaitu garam, atau “emas putih”.

Kini, rute ini lebih terkenal karena bir Bavarian yang tak diragukan lagi, dimana warna kuning bir bersesuai dengan hidangan lokal yang hangat. (nas/ant)

Credit: Source link