Jenuh dengan Rutinitas Virtual, Basuki ‘Ngapel’ ke Rumah Budi Karya

JawaPos.com – Ternyata tak hanya masyarakat biasa yang dilanda rasa jenuh akibat runititas virtual buntut pembatasan sosial demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun merasakan hal yang sama.

Guna menghalau rasa jenuh itupun, Basuki akhirnya memuturkan ‘ngapel’ ke rumah rekan menteri lain, yakni Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dari pukul 20.00 hingga 23.00 WIB, kedua personel Elek Yo Band itu hanya berbincang urusan di luar pekerjaan, untuk mengusir rasa penat.

“Saya kemarin hari Minggu malam, saya gelisah. Sudah lama nggak ketemu, kemudian tadi saya telepon Pak Budi Karya. Kan kebetulan rumahnya kan dekat. Nggak ngapa-ngapain juga. Udah saya main ke situ. Saya hanya ngobrol, nggak ngobrol gawean, enggak ngobrol pekerjaan, hanya ngobrol dengan beliau 3 jam, jam 20.00 sampai jam 23.00,” ujarnya dalam acara pembukaan Infrastucture Week, Selasa (24/11).

Basuki menjelaskan, dirinya merasa gelisah karena terlalu lama meninggalkan aktivitas tatap muka secara langsung. Sebagaimana diketahui, akibat pandemi ini, semua kegiatan dilakukan secara virtual. Koordinasi antarmenteri pun juga dilakukan secara virtual meskipun rumah dinas mereka sebenarnya berdekatan yaitu di komplek Widya Chandra.

“Walaupun dengan digital ini kan semua hal bisa dilakukan mungkin dikatakan lebih efisien, tapi kadang kita sebagai makhluk sosial itu ada hal yang kurang menurut saya,” imbuhnya.

Usai berkunjung ke rumah Menhub Budi Karya, Basuki mengaku lega dan merasakan perbedaan secara psikologis yang begitu signifikan antara bertemu secara langsung dan secara virtual. Menurutnya, sebagai makhluk sosial, tatap muka langsung katanya masih lebih baik dari virtual.

“Beda rasanya memang walaupun kita bisa ketemu melalui zoom, melalui digital, tapi kalau ketemu rasanya beda,” ungkapnya.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link