Jokowi Target Proyek TPPI Segera Rampung, Satgas Investasi Disorot

Jokowi Target Proyek TPPI Segera Rampung, Satgas Investasi Disorot

JawaPos.com – Proyek Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, diangap bisa menjadi salah satu pendongkrak bangkitnya perekonomian Bangsa Indonesia. Termasuk bisa membuat kemandirian energi bangsa ini terwujud.

Namun, proyek itu dikabarkan terhambat karena langkah Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang kabarnya telag membentuk satgas investasi untuk proyek TPPI.

“Jika benar soal apa yang dilakukan Ahok itu,  justru akan membuat gaduh, dan Pertamina tidak bisa maju dan berkembang, bahkan bisa jadi Pertamina tidak bisa bersaing,” kata Pengamat Pembangunan dan Politik Adib Miftahul dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/10).

Padahal sesuai intruksi Presiden Jokowi, Menteri BUMN, Dirut Pertamina dan Komisaris Pertamina untuk segera menyelesaikan proyek ini dalam kurun waktu 3 tahun.

“Apalagi proyek ini termasuk dalam PSN dan sudah diintruksikan oleh presiden langsung ke Pertamina untuk segera dilaksankan dan segera onstream dalam waktu 3 tahun,” ujar Adib.

Di tengah isu yang terus melanda Pertamina terkait kinerja, harusnya Ahok bisa melakukan langkah yang positif sesuai arahan presiden bukan kemudian justru membuat langkah menjegal kemauan presiden.

“Kita tahu dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Tuban akhir tahun lalu, beliau meminta agar proyek ini segera berjalan dalam kurun waktu tiga tahun. Lantas apa masalahnya, hingga proyek ini sampai dibatalkan?,” tanya Adib.

Menurut Adib, Jika TPPI ini sudah beroperasi, tentu dampaknya sangat besar untuk menekan impor migas. Dan ini bisa memperbaiki defisit neraca perdagangan. “Kata Pak Jokowi apabila telah berproduksi secara penuh, TPPI berpotensi menghemat devisa hingga 4,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 56 triliun,” tandasnya.


Credit: Source link

Related Articles