Jumlah Pasien Positif Corona Bertambah, PKS Minta Pemerintah Lebih Sigap

by

in
Jumlah Pasien Positif Corona Bertambah, PKS Minta Pemerintah Lebih Sigap

Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani

Jakarta, Jurnas.com – Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, mengungkapkan adanya penambahan pasien yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

Yurianto mengatakan, saat ini terdapat 13 pasien baru. Dengan demikian, terdapat 19 pasien yang dinyatakan positif.

Merespon hal itu, Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani mengaku cukup prihatin dengan peristiwa tersebut. Untuk itu, dia meminta kepada pemerintah untuk lebih sigap menangani Covid-19.

“Saya berempati dan turut mendoakan agar pasien segera sembuh dengan penanganan yang baik. Mari kita dukung dengan pikiran dan jiwa positif, mulai dari dukungan keluarga dan masyarakat. Prevalensi kesembuhan covid-19 di seluruh dunia jauh lebih banyak dibandingkan yang meninggal,” ujar Netty di sela kegiatan Temu Tokoh Perempuan Kota Cirebon di Hotel Zamrud, Cirebon.

Mengutip data John Hopkins CSSE per 8 Maret, kata Netty, jumlah kasus covid-19 tercatat 107.726 kasus terkonfirmasi di seluruh dunia, dan 3.656 kasus meninggal, serta kesembuhan tercatat 60.660 kasus.

Baca juga.. :

Pada kesempatan ini, politisi PKS dari Dapil Cirebon dan Indramayu itu mengatakan akan terus mensosialisasikan cara pencegahan dan perkembangan kasus virus Corona kepada masyarakat.

“Pada masa reses ini, saya terus mensosialisasikan dan melakukan pemantauan perkembangan kasus Corona terutama di Cirebon dan Indramayu. Kemarin saya sudah meninjau kesiapan RS Gunung Jati sebagai salah satu RS rujukan  penanganan Corona di Jawa Barat,” katanya.

Selain itu, Netty juga berharap mekanisme penanganan kasus Corona di Indonesia dilakukan sesuai protokol.

“Meski pemerintah telah membuat  protokol pengawasan mulai dari protokol komunikasi publik, protokol kesehatan, protokol perbatasan, protokol area pendidikan dan transportasi publik, saya tetap meminta pemerintah lebih sigap dan tegas,” katanya.

“Keterlambatan penanganan protokol komunikasi publik dapat  berimplikasi ke banyak hal.  Misalnya,  masyarakat tidak mendapat informasi yang utuh tentang Covid-19 dan penanganannya. Masyarakat terjebak berita hoax dan panik. Terjadilah rush buying masker dan hand sanitizer. Seharusnya sejak awal kasus ini muncul dan pandemic dari WHO, pemerintah sudah mulai membuat protokol pencegahan. Dengan adanya kasus positif Corona, maka protokolnya menjadi penanganan atau kuratif,” sambung Netty.

Selain Indonesia, tercatat 107 negara terkonfirmasi kasus Corona. Sebut saja, Korea Selatan, AS, Jepang, Jerman, Inggris dan Singapura.

“Bertambahnya kasus positif harus menjadi alarm bagi pemerintah  untuk meningkatkan kewaspadaan. Kita berdoa dan terus berusaha agar  jumlah korban jangan bertambah,”katanya.

Netty juga meminta pemerintah untuk lebih terbuka dalam memberi akses informasi pada masyarakat.

“Jangan karena ingin menjaga stabilitas dan menghindari kepanikan masyarakat, hak masyarakat untuk tahu kebenaran jadi terhalangi. Akibatnya rakyat  menjadi korban hoax dan fake news tentang covid-19,” ujar Netty.

TAGS : Corona DPR

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68702/Jumlah-Pasien-Positif-Corona-Bertambah-PKS-Minta-Pemerintah-Lebih-Sigap/