Kasus Virus Corona di Arab Saudi Melebihi 39.000

by

in
Kasus Virus Corona di Arab Saudi Melebihi 39.000

Foto ilustrasi pasien corona

Riyahd, Jurnas.com –  Sebanyak 1.912 kasus baru virus corona (COVID-19) yang dikonfirmasi di Arab Saudi pada Minggu (10/5). Sehingga, secara akumulasi total kasus yang tercatat di Kerajaan sudah tembus 39.048.

Dari kasus baru yang dikonfirmasi tersebut, 35% di antaranya di Arab Saudi.

Sebagian besar berada di Mekah (438 kasus), Jeddah (374), Riyadh (363), dan Madinah (248). Dari kasus itu, sebanyak 21% adalah perempuan, 89% adalah orang dewasa, 8% adalah anak-anak dan 3% di atas usia 65.

Saat ini, ada 27.345 kasus aktif, dengan 143 dalam kondisi kritis. Sbanyak 1.313 orang yang sudah pulih. Secara akumulasi toal yang sudah sembuh dari COVID-19 sudah mencapai 11.457 orang.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan tujuh kematian baru ekspatriat di Mekah, Riyadh, dan Jeddah, meningkatkan jumlah kematian menjadi 246.

Baca juga.. :

Juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Mohammed Al-Abd Al-Aly mengatakan penilaian situasi kesehatan di seluruh negeri akan berlanjut hingga kementerian mengirimkan rekomendasinya mengenai langkah-langkah pencegahan untuk memerangi penyebaran COVID-19 di Kerajaan.

“Peningkatan jumlah bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesimpulan penilaian; mereka juga dipengaruhi oleh distribusi kasus, apakah ada kelompok virus dan seberapa cepat infeksi menyebar,” kata Al-Aly.

“Selain itu, hasil deteksi dini, efek virus pada kesehatan pasien, dan tingkat pemulihan dan kematian juga mempengaruhi kesimpulan, dan di atas itu semua adalah tingkat komitmen masyarakat terhadap instruksi pencegahan,” tambahnya.

Al-Aly mengatakan demam adalah gejala infeksi yang paling umum karena 99% dari kasus yang dikonfirmasi mengalami demam, sementara 60% mengalami batuk dan 30 persen mengalami kesulitan bernapas.

“Gejala lain termasuk kelelahan, nyeri sendi dan otot, dan kehilangan nafsu makan. Namun, ini adalah gejala terkait untuk sebagian besar kasus,” kata Al-Aly.

Sementara itu, Kementerian Transportasi Arab Saudi mengatakan, seluruh sistem transportasi dan sektor logistik publik dan swasta bekerja untuk memastikan ketersediaan barang, makanan, dan pasokan medis melalui semua tanah dan bandara Kerajaan.

 Juru Bicara Kementerian Tranportasi Arab Saudi, Yasser Al-Mesfer mengatakan, lebih dari 9 juta perjalanan truk dilakukan melintasi Kerajaan untuk mengangkut barang sejak awal pandemi untuk memberikan kelanjutan dan kelancaran pergerakan barang di negara itu.

Otoritas Publik untuk Transportasi mengeluarkan lebih dari 8.000 izin pergerakan untuk berbagai jenis fasilitas transportasi kargo untuk bergerak di seluruh negara ketika langkah-langkah jam malam dilanjutkan.

Panjang rata-rata perjalanan truk jalan menurun hampir 40%, karena penurunan arus lalu lintas, yang memungkinkan truk untuk dengan mudah berpindah antar kota dibandingkan dengan sebelum jam malam.

Lebih dari 100.000 ton pasokan medis dan makanan dikirim dalam lebih dari 300 penerbangan kargo udara, sementara 2,5 juta kontainer tiba melalui pelabuhan-pelabuhan negara yang mengangkut sekitar 90 juta ton kargo.

Arab Saudi mencabut sebagian pembatasan dan jam malam pada 29 April dan mengizinkan beberapa kegiatan ekonomi dan komersial beroperasi  hingga 13 Mei 2020.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan, mulai Senin pembatasan COVID-19 akan direda di kota Samtah dan Addayer di Wilayah Jazan. Warga sudah boleh beraktivitas di luar rumah antara pukul 9 pagi dan 5 sore. (Press TV)

TAGS : Virus Corona Arab Saudi Kasus Stok Makanan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/72076/-Kasus-Virus-Corona-di-Arab-Saudi-Melebihi-39000/