Kategori Presentasi Karya Terbaik, Guru Sekolah Prestasi Global mendapatkannya

by

in

Indonesia punya tantangan besar dalam penanganan Covid-19. Dari semua aspek yang menjadi tantangan saat ini salah satunya aspek pada pendidikan, Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring dan disusul peniadaan Ujian Nasional untuk tahun ini.

Berbagai media pembelajaran jarak jauh pun dicoba dan digunakan. Sarana yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran online antara lain, E-Learning, Aplikasi Zoom, Google Classroom, Youtube, maupun Media Sosial Whatsapp. Sarana-sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal, sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti di kelas. Dengan menggunakan media online tersebut, maka secara tidak langsung kemampuan menggunakan serta mengakses teknologi semakin dikuasai oleh siswa maupun guru.

Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , menyelenggarakan E-Workshop Batch 1 dengan Topik “Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran”. karena harus mematuhi himbauan penting soal Social Distancing kegiatan tersebut di selenggarakan melalui Aplikasi Zoom dan diadakan pada tanggal 11 – 14 Mei 2020. E – Workshop tersebut diikuti oleh Guru- guru di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya yaitu guru SD Sekolah Prestasi Global.

E-Workshop Batch 1 yang diadakan IWI tersebut ada 11 guru yang masuk dalam katagori Persentasi Karya terbaik, dan salah satunya guru SD Sekolah Prestasi Global yang bernama Ibu Sri Retnowati., M.Pd yang masuk dalam katagori Persentasi Karya terbaik, pastinya Sekolah Prestasi Global sangat bangga dengan hal ini sehingga ilmu yang didapatkan nantinya akan menjadi bekal untuk para guru – guru dan murid – murid di  Sekolah Prestasi Global.

Guru Sekolah Prestasi Global masuk katagori Presentasi Karya terbaik di Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI)
Katagori “Presentasi Karya terbaik” di Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI)

Dengan adanya perkembangan TIK, belajar menjadi jauh lebih efisien. Proses pembelajaran tidak harus selalu dengan bertatap muka seperti jaman dahulu. Kini, proses pembelajaran dapat dilakukan memanfaatkan perkembangan TIK yang ada, sehingga kita juga dapat efisien dalam menggunakan waktu. Untuk di Indonesia sendiri, disebabkan oleh kondisi geografis yang merupakan negara kepulauan, TIK sangat mampu menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di Indonesia, karena TIK yang memiliki kemampuan untuk memungkinkan pembelajaran jarak jauh.

Adanya fakta bahwa peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dengan metode belajar yang menggunakan fasilitas multimedia daripada metode belajar konvensional. Berkembangnya TIK juga berperan dalam hal mengelola institusi pendidikan. Peran yang dimaksud adalah memudahkan institusi pendidikan untuk menyediakan layanan informasi untuk para peserta didik, seperti informasi tentang biaya pendidikan, kurikulum, pembimbing, dan sebagainya. Serta untuk megelola manajemen operasional dengan lebih efisien, efektif, dan optimal.

 

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”1. Apa Manfaat TIK Dalam Pembelajaran?” answer-0=”Mempermudah dan memperluas akses bahan pembelajaran, meningkatkan mutu pembelajaran, Mempermudah penyampaian materi pembelajaran dalam bentuk multimedia, meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen, tata kelola, dan administrasi pembelajaran.” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”2. Apa yang dimaksud dengan TIK?” answer-1=”Pengertian TIK adalah suatu proses dalam menyampaikan informasi melalui pengolahan data yang melibatkan pengiriman dan penerimaan informasi dengan menggunakan simbol tertentu.menyebutkan definisi TIK adalah hasil rekayasa manusia dalam melakukan proses penyampaian informasi dan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lainnya dengan cara yang lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Dengan kata lain, TIK merupakan semua teknologi yang berkaitan dengan peralatan teknis untuk memproses dan menyalurkan suatu informasi.” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”3. Apa Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi?” answer-2=”Secara umum fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah untuk membantu proses pengiriman dan penerimaan informasi.” image-2=”” headline-3=”h2″ question-3=”4. Apa itu Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI)?” answer-3=”IWI merupakan wadah organisasi profesi bagi para widyaiswara seluruh Indonesia dalam menyumbangkan darma baktinya kepada negara. Sebagaimana diketahui bersama, widyaiswara memegang peranan penting dalam peningkatan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) di seluruh kementerian/lembaga.” image-3=”” headline-4=”h2″ question-4=”5. Sekolah apa yang terbaik di Depok?” answer-4=”Sekolah Prestasi Global merupakan sebuah Sekolah Islam Modern yang beralamat di Jalan Palem I No.1 Perumahan Mampang Indah II Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok. Sekolah ini berada dalam naungan Yayasan Graha Cendikia, dan didirikan sejak tahun 2015 silam. Di dalam keseharian proses belajar dan mengajar, Sekolah yang memiliki tagline Modern Islamic School ini amat mengedepankan penerapan keilmuan agama Islam.” image-4=”” count=”5″ html=”true” css_class=””]