Kedutaan Iran di Karbala Diserang Demonstran

by

in
Kedutaan Iran di Karbala Diserang Demonstran

Demonstrasi di Irak (foto: PBS)

Jakarta, Jurnas.com – Para demonstran Irak menyerang konsulat Iran di kota suci Syiah Karbala. Mereka menerobos penghalang beton yang mengelilingi gedung, menurunkan bendera Iran dan menggantinya dengan bendera Irak.

Pasukan keamanan menembak di udara untuk membubarkan para pengunjuk rasa yang melemparkan batu dan membakar ban di sekitar gedung di sudut jalan di Karbala selatan Baghdad.

Dilansir Hurriyat, tidak ada laporan langsung tentang korban dalam insiden itu, yang terjadi di tengah protes yang sedang berlangsung di ibukota Baghdad dan provinsi-provinsi mayoritas Syiah di selatan.

Protes diarahkan pada sistem politik pascaperang dan sekelompok pemimpin elit yang dituduh warga Irak menjarah kekayaan negara sementara negara itu tumbuh lebih miskin. Namun para pengunjuk rasa juga mengarahkan kemarahan mereka ke negara tetangga Iran dan milisi Syiah Irak yang kuat terikat padanya.

Protes anti-pemerintah di Karbala, Baghdad dan kota-kota di seluruh Irak selatan sering berubah menjadi kekerasan, dengan pasukan keamanan melepaskan tembakan dan pengunjuk rasa membakar gedung-gedung pemerintah dan markas besar milisi yang didukung Iran. Lebih dari 250 orang tewas dalam tindakan keras keamanan bulan ini.

Baca juga.. :

Protes telah berkembang dan demonstran sekarang menyerukan perubahan besar, bukan hanya pengunduran diri pemerintah.

Puluhan ribu pengunjuk rasa telah berkumpul di pusat Tahrir Square di Baghdad dan di seluruh Irak selatan dalam beberapa hari terakhir, menyerukan perombakan sistem politik yang didirikan setelah invasi pimpinan AS tahun 2003. Para pengunjuk rasa juga mengambil alih sebuah menara besar di alun-alun yang ditinggalkan setelah rusak dalam perang.

Ribuan siswa telah melewatkan kelas untuk mengambil bagian dalam demonstrasi jalanan, menyalahkan elit politik untuk korupsi yang meluas, pengangguran yang tinggi dan layanan publik yang buruk.

Perdana menteri Irak pada 3 November meminta para pemrotes anti-pemerintah untuk membuka kembali jalan-jalan dengan mengatakan “sudah waktunya hidup kembali normal,” setelah satu bulan demonstrasi besar-besaran menuntut perubahan politik yang luas.

Dalam sebuah pernyataan, Perdana Menteri Adel Abdul-Mahdi menyerukan agar pasar, pabrik, sekolah dan universitas dibuka kembali setelah berhari-hari protes di ibu kota dan di sebagian besar wilayah selatan yang sebagian besar Syiah.

Dia mengatakan ancaman terhadap fasilitas minyak dan penutupan jalan telah merugikan negara “miliaran” dolar dan berkontribusi pada kenaikan harga yang mempengaruhi semua orang.

Sebelumnya pada 3 November, pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan di sekitar lokasi protes utama mereka dengan membakar ban dan kawat berduri, membentangkan spanduk di salah satu pemblokiran jalan berbunyi: “Jalan ditutup atas perintah orang.”

Mereka tampaknya meminjam taktik dari Lebanon, di mana demonstrasi anti-pemerintah yang serupa telah berlangsung sejak 17 Oktober, dan telah berulang kali memblokir jalan-jalan utama untuk meningkatkan tekanan pada pihak berwenang.

Pasukan keamanan telah menembakkan gas air mata, peluru karet, dan amunisi langsung kepada para demonstran, menewaskan sedikitnya 256 orang dalam dua gelombang demonstrasi sejak awal Oktober. Sejak protes dimulai kembali pada 25 Oktober setelah jeda singkat, telah terjadi bentrokan hampir terus-menerus pada dua jembatan yang mengarah ke Zona Hijau yang dijaga ketat, markas besar pemerintah dan rumah bagi beberapa kedutaan asing.

Irak diperintah oleh sistem politik sektarian yang mendistribusikan kekuasaan dan jabatan tinggi di antara mayoritas Syiah, Sunni dan Kurdi. Ini menyelenggarakan pemilihan umum reguler, tetapi mereka didominasi oleh partai-partai keagamaan sektarian, yang banyak di antaranya memiliki hubungan dekat dengan Iran.

Partai-partai politik membagi kementerian dan kemudian membagikan pekerjaan kepada para pendukung mereka, berkontribusi pada sektor publik yang membengkak yang tidak dapat memberikan layanan yang dapat diandalkan.

Lebih dari 15 tahun setelah invasi pimpinan AS yang menggulingkan Saddam Hussein, Baghdad dan kota-kota lain masih sering mengalami pemadaman listrik, air ledeng tidak dapat diminum dan infrastruktur publik hancur.

Hanya sedikit orang Irak yang melihat manfaat dari kekayaan minyak negara itu, meskipun menjadi anggota OPEC dengan cadangan terbukti terbesar keempat di dunia.

TAGS : Kedutaan Iran Demonstran Irak

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61971/Kedutaan-Iran-di-Karbala-Diserang-Demonstran/