Kekeringan Terburuk Landa Korea Utara

by

in
Kekeringan Terburuk Landa Korea Utara

Ilustrasi kekeringan

Pyongyang, Jurnas.com – Korea Utara mengalami kekeringan terburuk dalam lebih dari seabad. Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (WFP) menyatakan keprihatinan sangat serius terkait situasi di negara itu.

Tahun ini hingga Rabu (15/5), negara itu hanya menerima 56,3 mm hujan atau salju, surat kabar Rodong Sinmun melaporkan pada hari Jumat, terendah sejak 1917.



Harian tersebut mengatakan, air yang mengalir di danau dan waduk negara itu, juga mulai mengalami kekeringan. “Kekeringan yang sedang berlangsung menyebabkan efek signifikan pada budidaya gandum, gandum, jagung, kentang dan kacang-kacangan,” kata laporan itu.

Dalam perkiraan terbaru mereka, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB dan WFP mengatakan sekitar 10,1 juta warga Korea Utara – 40 persen dari populasi – mengalamikekurangan pangan yang parah, angka yang sama dengan tahun-tahun terakhir.

Baca juga :

“Kami memiliki keprihatinan yang sangat serius terkait situasi di Korea Utara,” kata direktur eksekutif WFP David Beasley mengatakan dalam kunjungannya ke Korea Selatan awal pekan ini.

Pekan lalu, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Masyarakat (IFRC) juga menyampaikan kekhawatiran atas kekeringan panjang yang melanda negara itu.

“Kami sangat prihatin tentang dampak kekeringan awal ini pada anak-anak dan orang dewasa yang sudah berjuang untuk bertahan hidup,” kata  kepala kantor negara IFRC, Mohamed Babiker, di Korea Utara.

“Bahkan sebelum kekeringan ini, satu dari lima anak di bawah lima tahun terhambat karena gizi buruk. Kami khawatir anak-anak ini tidak akan dapat mengatasi tekanan lebih lanjut pada tubuh mereka,” sambungnya

TAGS : Korea Utara Kekeringan Pertanian

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52787/Kekeringan-Terburuk-Landa-Korea-Utara/