Kemenhub Akan Uji Coba E-Pilotage di Empat Stasiun VTS

by

in
Kemenhub Akan Uji Coba E-Pilotage di Empat Stasiun VTS

Proses pemanduan kapal di Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah. Foto: Ditjen Perhubungan Laut

JAKARTA , Jurnas.com – Kementerian Perhubunga berncana melakukan uji coba atau test bed pemanduan secara elektronik atau Electronic Pilotage (E-Pilotage) di empat Stasiun Vessel Traffic Services (VTS).

 “Test bed rencananya akan dilaksanakan secara tentatif pada minggu keempat bulan Mei sampai dengan minggu ketiga bulan Juni tahun 2020,” kata Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hengki Angkasawan di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Keempat  Stasiun VTS yang dijadikan tempat uji coba adalah VTS Batam, VTS Tanjung Priok, VTS Benoa, dan VTS Tarakan.

 “Dengan pelaksanaan test bed ini kita bisa mendapatkan gambaran utuh bagaimana E-Pilotage dilaksanakan sesuai ketentuan-ketentuan Internasional serta best practices/pelaksanaan di negara-negara lain, termasuk kendala atau hambatan dalam operasionalnya,” ujar Hengki.

Dari hasil uji coba, Ditjen Hubla melakukan evaluasi dan pengembangan yang dibutuhkan, baik di bidang regulasi, peralatan, maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga.. :

 “Pelaksanaan test bed ini akan melibatkan banyak pihak, baik itu Distrik Navigasi, KSOP dan juga stakeholder terkait yakni PT. Pelindo I, PT. Pelindo II, PT. Pelindo III, dan PT. Pelindo IV yang masing-masing memiliki peranan tersendiri dalam pelaksanaan test bed,” jelas Hengki.

 

TAGS : VTS Vessel Traffic Services uji coba E-Pilotage Pemanduan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70255/Kemenhub-Akan-Uji-Coba-E-Pilotage-di-Empat-Stasiun-VTS/