Kemenhub Imbau Pemudik Jangan Bawa Barang Berlebih

by

in
Kemenhub Imbau Pemudik Jangan Bawa Barang Berlebih

Petugas uji kelaikan kendaraan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sedang memeriksa kelengkapan angkutan umum.

Cikampek, Jurnas.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perguhubungan (Kemenhub) mengimbau agar masyarakat yang mudik Lebaran tidak membawa barang berlebihan.

“Jaga selalu barang yang anda bawa, pastikan keamanan anda dengan menghindari membawa barang berlebihan atau perhiasan yang mencolok. Bagi para pengemudi, pastikan kelaikan kendaraan yang akan digunakan sebelum berkendara,” kata Direktur Sarana Transportasi Jalan Sigit Irfansyah saat sosialisasi Keselamatan di Rest Area (A) KM.102 Tol Cikampek-Palimanan.

Sigit mengatakan, jika masyarakat naik kendaraan umum, jangan segan menegur pengemudi bila terbukti mengendarakan kendaraannya melebihi kecepatan yang ditentukan dan ugal-ugalan atau tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kalau masyarakat mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, kini sudah ada pilihan melewati jalan Tol Trans Jawa,” katanya.

Namun, lanjut Sigit, harus dipastikan selama mengemudi tetap ingat beristirahat jika sudah mengemudi selama 4 jam, salah satunya bisa singgah ke rest area terdekat nanti di tol.

Dalam sosialisasi keselamatan kali ini Tim Ditjen Hubdat juga sekaligus mengadakan pemeriksaan lampu bagi kendaraan besar seperti truk dan mobil box serta pemasangan lampu yang mati maupun stiker pemantul cahaya tambahan.

Sehari sebelumnya sosialisasi serupa digelar di Terowongan Jalan Kendal, Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas Jakarta Pusat. Dalam sosialisasi ini personel Ditjen Hubdat mengampayekan keselamatan berkendara sekaligus membagikan takjil pada para pengendara dan masyarakat yang melintasi wilayah tersebut.



TAGS : Kemenhub Ditjen Hubdat mudik lebaran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52789/Kemenhub-Imbau-Pemudik-Jangan-Bawa-Barang-Berlebih/