Kenalkan Rektor Asing, Menristekdikti: Buat Tingkatkan Daya Saing

by

in
Kenalkan Rektor Asing, Menristekdikti: Buat Tingkatkan Daya Saing

Pengenalan rektor asing pertama di Indonesia oleh Menristekdikti (foto: BKKP Kemenristekdikti/ADN)

Denpasar, Jurnas.com – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir memperkenalkan rektor asing pertama di Indonesia yakni Jang Youn Cho usai membuka kegiatan ilmiah dalam rangkaian acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2019 di Bali, Senin (26/08).

Menurut Nasir, pengenalan Youn Cho yang merupakan rektor asing pertama kali di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya dan perguruan tinggi tanah air di tingkat internasional.



“Hadirnya rektor asing untuk eningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Universtias Siber Asia, serta meningkatkan mutu dan daya saing di tingkat internasional. Selain itu, juga diharapkan bisa memacu perguruan tinggi swasta lainnya, serta perguruan tinggi negeri,” kata Nasir di Hotel Grand Inna Bali Beach, Denpasar, Bali, Senin (26/8/2019).

Nantinya, lanjut Nasir, Cho akan menjadi rektor di universitas Siber Asia. Menurutnya, Cho merupakan orang yang tepat untuk menjadi salah pendorong kemajuan pendidikan tanah air.

Baca juga.. :

“Mr. Cho sudah punya pengalaman memimpin perguruan tinggi. Pertama di Hankuk University, Korea Selatan dan pernah jadi dosen di Amerika Serikat,”ujarnya. 

Universitas Siber Asia merupakan perguruan tinggi berbasis online yang diselenggarakan atas kerjasama Universitas Nasional (Unas) dengan dengan Hankuk University of Foreign Studies Korea.

“Karena ini tingkat Asia, maka harapannya juga mahasiswa tidak hanya dari Indonesia. Ini ada permintaan bisa dari Asia Tenggara sendiri, Asia Barat, maupun di Afrika. Mudah-mudahan ini bisa berjalan,” tuturnya. 

Berdasarkan laman Universitas Nasional, Jang Youn Cho sempat tinggal di Amerika Serikat selama 17 tahun, sebelum akhirnya kembali ke Korea Selatan pada tahun 1997. Tepat setelah krisis keuangan Asia  di1997-1998, dia menjabat sebagai Vice Chairman of the Korean Accounting Standards Board, sebuah badan pengaturan standar akuntansi di Korea Selatan. 

Dia juga pernah dinominasikan sebagai 10 besar profesor terbaik di Universitas Nebraska-Lincoln. Cho merupakan profesor pendidik online di Korea Selatan dan membuka program MBA siber saat menjabat sebagai Dekan Pascasarjana Bisnis. Terakhir dia menjabat sebagai Vice President Hankuk University of Foreign Studies.

Sebelumnya, Cho menempuh pendidikan Hankuk University of Foreign Studies (Highest honor, B.A. in Public Adm.), University of Texas at Arlington (Master of Professional Accounting), serta University of Florida, Fisher School of Accounting, Ph. D. (Accounting). Kini namanya bergelar Jang Youn Cho, Ph D, CPA.

TAGS : Rektor Asing Jan Youn Cho Menristekdikti

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/58211/Kenalkan-Rektor-Asing-Menristekdikti-Buat-Tingkatkan-Daya-Saing/