Kerajaan Arab Saudi Resmi Kembali Buka Umrah untuk Indonesia

by

in

JawaPos.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan pihak Kerajaan Arab Saudi telah membolehkan jamaah Indonesia untuk bisa melakukan ibadah umrah di Arab Saudi.

Hal ini Retno katakan, setelah adanya nota diplomatik Kerajaan Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021 lalu. Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik.

“Pernyataan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umroh Indonesia,” ujar Retno dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (9/10).

Retno menuturkan saat ini, komite khusus di Kerajaan Arab Saudi sedang bekerja  agar jamaah umrah asal Indonesia bisa menunaikan ibadahnya tersebut tanpa adanya hambatan.

“Untuk meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah,” katanya.

Retno mengatakan, dalam nota diplomatik tersebut juga disebutkan bahwa Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dalam tahap akhir pembahasan yang berkaitan dengan vaksin Covid-19 dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link