Keren, Siswa SMK Madiun Bikin Warkop di atas Mobil Listrik

0
Keren, Siswa SMK Madiun Bikin Warkop di atas Mobil Listrik

Warung kopi di atas mobil listrik karya siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Pandemi Covid-19 seolah tidak menjadi penghalang siswa-siswi SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur untuk berinovasi. Berbekal peralatan sederhana, siswa sekolah tersebut mampu menciptakan Mobil Listrik UMKM bak warung berjalan.

Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hadam mengatakan, Mobil Listrik UMKM ini merupakan kerja sama siswa dan guru. Tidak hanya berguna sebagai pembelajaran yang ramah lingkungan, namun juga diciptakan untuk mendukung program SMK Model PGRI 1 Mejayan, yang sudah bermitra dengan 72 di Kabupaten Madiun.

“Di masa pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak pengangguran sebagai dampak PHK karena sulitnya perusahaan beroperasi karena omset yang menurun. Sehingga berdampak juga terhadap lulusan SMK pada tahun ini,” kata Hadam dalam keterangannya pada Selasa (30/6).

“Salah satu fakta yang terjadi saat ini, namun tidak harus menjadi halangan dan mematikan mental optimis dan produktif,” imbuh dia.

Motivasi lain menciptakan Mobil Listrik UMKM, lanjut Hadam, ialah untuk membuka peluang kerja bagi korban PHK dan lulusan SMK.

Terbukti, inovasi mobil listrik tersebut digunakan untuk menjual berbagai bentuk UMKM, antara lain nasi pecel, warung kopi (warkop), minimarket, hingga bengkel servis kelling.

Hadam mengatakan, rancang bangun mobil listrik ini diawali dari gagasan pembuatan kereta cinta atau sepeda cinta, dengan sumber tenaga geraknya ayunan kaki manusia.

Adapun rancang bangun yang dibuat ialah; rancang bangun empat buah roda; rancang bangun sistem kemudi; rancang bangun sasis; rancang bangun breaksystem; rangka bangun bidy; dan rangka bangun kelistrikan.

“Dikarenakan berbagai pertimbangan utamanya untuk diprospek kearah profit ternyata kurang mendukung, maka untuk menggeliatkan potensi ekonomi dimasa pandemi Covid-19, pembuatan kereta cinta dialihkan ke produk yang lebih kreatif dan lebih berdaya guna berupa Mobil Listrik SMK untuk UMKM,” tandas Hadam.

TAGS : Mobil Listrik Warung Kopi SMK Model PGRI 1 Mejayan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74635/Keren-Siswa-SMK-Madiun-Bikin-Warkop-di-atas-Mobil-Listrik/

Leave A Reply

Your email address will not be published.