Ketua DPR Desak Pemerintah Bentuk Satgas Penanganan Virus Corona

by

in
Ketua DPR Desak Pemerintah Bentuk Satgas Penanganan Virus Corona

Ketua DPR, Puan Maharani

Jakarta, Jurnas.com – Ketua DPR Puan Maharani mendesak pemerintah untuk segera membentuk tim satuan tugas (Satgas) penanganan virus Corona atau Covid-19.

Hal itu mengingat Warga Negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan positif virus corona kian hari terus bertambah. Yang lebih memperihatinkan lagi adalah ditemukannya pasien positif Covid-19 yang terpapar penularan lokal.

“Karena itu, tidak bisa ditunda lagi, kondisi darurat ini membutuhkan gerak cepat dari pemerintah yang terukur, terkoordinasi dan sesuai standar protokol WHO,” kata Puan, melalui rilisnya, Rabu (11/3).

Diketahui, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia menyatakan, saat ini pemerintah masih membahas pembentukan satgas terkait penanganan Covid-19.

“Saya selaku ketua DPR RI, sejak wabah ini merebak, berkali-kali mengingatkan pemerintah agar segera membentuk Tim Nasional penanganan wabah virus korona yang bersifat terpusat agar penanganan wabah korona terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi,” tegasnya.

Baca juga.. :

Dalam operasionalnya, lanjut Puan, tim Satgas ini bersifat lintas kementerian dan lintas daerah, sehingga upaya-upaya penanganannya terukur dan memenuhi protokol standar WHO.

“Namun gerak cepat dan kesigapan penanganan dampak virus korona ini harus dilakukan secara cermat tanpa menimbulkan kepanikan di masyarakat,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Selain itu, kata Puan, DPR juga mendesak pemerintah meningkatkan penapisan massif untuk mencegah penyebaran virus corona di tanah air. Dimana, proses screening dan pengambilan sampel warga yang terindikasi gejala virus corona harus diperbanyak.

“Sehingga meminimalisir kebocoran data warga yang terpapar Covid-19,” tuturnya.

Kata Puan, proses penapisan massif ini harus diikuti langkah-langkah isolasi yang disiplin kepada mereka yang positif corona dengan mencegah pergerakan mereka sehingga mengurangi resiko penularan lokal.

“Pemerintah segera bekerja sama dengan komunitas-komunitas internasional dalam upaya mengatasi wabah korona, termasuk mengadopsi pengalaman-pengalaman negara lain yang berhasil meredam wabah korona tanpa korban jiwa,” demikian Puan.

TAGS : Ketua DPR Puan Maharani Virus corona

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68791/Ketua-DPR-Desak-Pemerintah-Bentuk-Satgas-Penanganan-Virus-Corona/