Kiat Mudah Ajarkan Anak Agar Mau Berbagi dan Peduli Pada Sesama

JawaPos.com – Tak mudah mendidik anak untuk memiliki nilai-nilai kebaikan dan peduli pada sesama. Menjelang Ramadan, orang tua diminta untuk mengajak anak lebih sering dalam program sosial.

Dalam kampanye bertajuk #AnakHebatBerbagi orang tua diedukasi agar mengajarkan ilmu seputar nilai-nilai kebaikan kepada anak sejak dini. Sehingga penting untuk membekali mereka tumbuh secara menyeluruh.

“Anak tidak hanya sehat dan cerdas, tetapi juga memiliki kebaikan hati. Dengan begitu anak-anak dapat menjadi pribadi yang produktif dan berjiwa sosial di masa depan”, ujar Psikolog anak Fathya Artha Utami, MPsi dalam webinar baru-baru ini.

Baca Juga: Tips Psikolog Untuk Ortu Saat Dampingi Anak Belajar Online di Rumah

Menurutnya, aktivitas sederhana dengan berbagi  dan peduli sesama bisa berkontribusi terhadap perkembangan sosial emosional anak. Melatih empati adalah proses panjang untuk membesarkan anak yang memiliki kebaikan hati.

“Meski begitu, ada cara-cara sederhana yang dapat orang tua lakukan dalam keseharian. Misalnya mengajak anak untuk bersyukur, bercerita tentang pentingnya membantu sesama, serta mengekspresikan kepedulian mereka terhadap orang lain maupun lingkungan,” tuturnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link