Komnas KIPI dan BPOM Uji Sterilitas dan Toksisitas AstraZeneca

by

in

JawaPos.com–Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menguji sterilitas dan toksisitas vaksin AstraZeneca. Hal itu untuk membuktikan pengaruh imunisasi terhadap wafatnya Trio Fauqi Virdaus.
”Sekarang sedang diuji vaksinnya dari segi sterilitas dan toksisitas. Apakah vaksin yang disuntikkan itu steril atau tidak? Kami juga cek apakah ada kandungan toksisitasnya atau tidak,” kata Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari seperti dilansir dari Antara di Jakarta, Minggu (16/5).

Toksisitas adalah sifat suatu zat yang merusak bila dipaparkan terhadap struktur organisme, seperti sel atau organ tubuh. Sementara sterilitas diuji untuk mengetahui apakah vaksin tersebut bersih dari kuman atau mikroorganisme lain.

Hindra mengatakan, kajian terhadap kandungan vaksin itu sedang dilakukan BPOM. ”Uji BPOM biasanya dua sampai tiga pekan. Itu meliputi toksisitas dan sterilitas,” ujar Hindra Irawan Satari.

Komnas KIPI juga telah berupaya menginvestigasi wafatnya Trio Fauqi Virdaus berdasar riwayat penyakit atau komorbid yang mungkin berkaitan dengan KIPI. Namun berdasar rekam medis dari pihak dokter yang pernah melayani Trio, menurut Hindra, Komnas KIPI menemukan ada penyakit kronis yang diderita. Namun Hindra memastikan kejadian Trio wafat tidak dipicu penyakit kronis tersebut.

”Kalau terkait penyakit kronisnya apa dan bagaimana, itu rahasia medis yang tidak bisa kami ungkapkan,” terang Hindra.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Credit: Source link