Konsolidasi DPR dan MPR Mulus, Hasto: Bukti Efektivitas Parpol Pengusung Jokowi

by

in
Konsolidasi DPR dan MPR Mulus, Hasto: Bukti Efektivitas Parpol Pengusung Jokowi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com – Proses konsolidasi dan pengisian jabatan ketua dan pimpinan MPR dan DPR berlangsung mulus. Ketua DPr dijabat Puan Maharani (PDIP), dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Golkar).

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, konsolidasi politik yang nampak dari susunan dan komposisi Pimpinan DPR dan MPR telah memerkuat basis politik dukungan ke Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah, Ketua DPR dan Ketua MPR berasal dari basis utama pengusung Presiden Jokowi. Dengan dukungan lebih dari 60.7 persen kursi di DPR, dan membaiknya komunikasi politik dengan Partai Gerindra, bisa dimaknakan bahwa konsolidasi politik Pemerintahan Jokowi berhasil dan berjalan baik, jauh lebih bagus daripada kondisi tahun 2014 yang lalu,” ujar Hasto, Senin (7/10/2019).

Di bidang hukum, lanjut Hasto, penegasan KPK sebagai lembaga eksekutif sebagaimana menjadi keputusan MK serta hasil revisi UU KPK menjadikan Presiden yang dipilih langsung oleh rakyat memilihi legitimasi dan legalitas yang kuat untuk menentukan arah kebijakan politik hukum nasional.

“Dampaknya pasar akan merespons positif. Sebab dengan berhasilnya konsolidasi politik dan hukum, berbagai ketidakpastian dan resiko politik akan berkurang drastis, sehingga meningkatkan kepastian di bidang ekonomi. Stabilitas politik dan hukum sangat diperlukan bagi arah pembangunan perekonomian nasional,” jelas Hasto.

PDI Perjuangan, tegas Hasto, meyakini bahwa kedudukan presiden semakin kuat dan presiden bertanggung jawab di dalam menentukan arah konsolidasi politik hukum, termasuk road map pemberantasan korupsi, khususnya melalui upaya pencegahan.

Seluruh calon menteri, lanjut Hasto, harus memiliki integritas yang tinggi, namun juga sosok pemimpin di bidangnya, sehingga memiliki pemahaman terhadap hal ihwal kementrian yang akan dipimpinnya, sekaligus sosok yang berani mengambil langkah terobosan.

Kata Hasto, PDI Perjuangan berharap dengan membaiknya stabilitas politik nasional dan kepastian hukum, terlebih dengan potensi pasar yang begitu besar dan infrastruktur jauh lebih siap, maka laju dan gerak investasi akan semakin besar.

“Meskipun demikian semangat pemberantasan korupsi harus terus diperkuat,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Hasto memastikan bahwa mereka yang berstatus terdakwa akibat korupsi dan para koruptor tidak akan pernah bisa dicalonkan dalam jabatan strategis.

PDI Perjuangan juga akan memberikan sanksi pemecatan bagi koruptor dan pemecatan seketika bagi yang terkena OTT KPK,” tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan.

TAGS : PDI Perjuangan Konsolidasi MPR dan DPR

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60471/Konsolidasi-DPR-dan-MPR-Mulus-Hasto-Bukti-Efektivitas-Parpol-Pengusung-Jokowi/