Kualitas Udara Buruk di Riau Picu ISPA

by

in
Kualitas Udara Buruk di Riau Picu ISPA

Kualitas udara di lokasi kebakaran (Foto: Kompas)

Riau, Jurnas.com – Kualitas udara di Riau mencapai level berbahaya. Data BMKG pada 13 September lalu pukul 07.00 WIB tingkat kualitas udara berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) mencapai 353.

Hal tersebut diakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Begitupun wilayah terdampak lain memiliki kualitas udara yang buruk, antara lain Jambi berada di level tidak sehat dengan ISPU mencapai 239, Sumatera Selatan berada di Level sangat tidak sehat dengan ISPU 287. Sementara Kalimantan Barat berada di level sedang dengan ISPU 129.



Buruknya kualitas udara di wilayah terdampak Karhutla mengakibatkan banyak warga terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Di Riau, jumlah warga terserang ISPA terbanyak ada di Pekanbaru mencapai 9.512 orang. Di Jambi, jumlah tertinggi penderita ISPA ada di Kota Jambi 64.147 orang.

Baca juga.. :

Penderita ISPA di Sumatera Selatan tertinggi ada di Palembang mencapai 106.550 orang, dan di Kalimantan Tengah korban terbanyak di Palangkaraya mencapai 23.324.

Tim Dinas Kesehatan telah menyiagakan Puskesmas 24 jam dan mendirikan pos kesehatan, mobilisasi tim kaji cepat, mendirikan rumah singgah, promosi kesehatan, dan distribusi logistik kesehatan termasuk pembagian masker.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes drg. Widyawati, MKM mengatakan mobilisasi SDM Kementerian Kesehatan juga telah dilakukan untuk mendampingi Dinas Kesehatan. Kemenkes juga mendistribusikan logistik kesehatan ke Dinkes Provinsi Riau, Jambi, dan Kalimantan Tengah.

“BBTKL telah melakukan pengurukan kualitas udara di wilayah terdampak Karhutla. Selain itu promosi kesehatan terus dilakukan melalui website dan media sosial, dan monilisasi medis kegawatdaruratan,” katanya, Sabtu (14/9).

Logisitik yang didistribusikan antara lain 1.269.320 masker dari Kementerian Kesehatan, 644.450 masker dari Dinkes Provinsi Riau, 20 ribu masker dari Dinkes Provinsi Sumatera Selatan.

Di Kalimantan Tengah telah didistribusikan 544.000 masker, 10.450 masker N95, 1.000 vial ventolin nebu (obat untuk penyakit pada saluran pernapasan), 500 ribu amoxilin, dan 3 tabung oksigen.

TAGS : Infeksi Pernapasan Kualitas Udara

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/59314/Kualitas-Udara-Buruk-di-Riau-Picu-ISPA/