Langkah BI Bantu Pulihkan Ekonomi RI Tahun Ini

Langkah BI Bantu Pulihkan Ekonomi RI Tahun Ini

JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) menyampaikan, pihaknya terus berkomitmen untuk terus mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui kebijakan moneter dan bersinergi dengan pemerintah dan otoritas industri jasa keuangan.

“Bank Indonesia akan terus all out dan mengarahkan kebijakan BI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan terus bersinergi bersama Pemerintah, otoritas, dan berbagai pihak lainnya,” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam keterangannya, Sabtu (10/4).

Perry menjelaskan, Bank Indonesia sendiri telah menurunkan suku bunga kebijakan sebanyak 6 kali sejak 2020 sebesar 150 bps menjadi 3,50 persen dan melakukan injeksi likuiditas (quantitative easing) mencapai Rp 796,60 triliun (5,15 persen PDB) sejak 2020 hingga 7 April 2021.

Selain itu, BI melonggarkan ketentuan Uang Muka kredit/pembiayaan Kendaraan Bermotor dan rasio LTV/FTV kredit/pembiayaan properti, mendorong transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan, memperkuat kebijakan Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM/RIM Syariah) dengan memasukkan wesel ekspor sebagai komponen pembiayaan.

Serta, memberlakukan secara bertahap ketentuan disinsentif berupa Giro RIM/RIMS, untuk mendorong penyaluran kredit/pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan ekspor.

Perry melanjutkan, guna meningkatkan kemudahan bertransaksi masyarakat di era digital khususnya di masa pandemi, BI juga terus mendorong digitalisasi sistem pembayaran.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles