9 Langkah Cepat Mahir Microsoft Word

9 Langkah Cepat Mahir Microsoft Word

Microsoft word menjadi salah satu aplikasi yang umum digunakan untuk membuat dokumen. Hal inilah yang membuat Anda harus belajar microsoft word untuk menambah skill atau kemampuan. Kemampuan menggunakan ms word memang tidak disebutkan oleh perusahaan ketika membuka lowongan pekerjaan. Namun dengan menguasai ms word Anda mempunyai nilai lebih sehingga peluang Anda untuk diterima kerja lebih besar.

Fungsi microsoft word-Andalan News

Fungsi Microsoft Word Untuk Menunjang Pekerjaan dan Bisnis

Untuk Anda yang baru pertama belajar ms word harus mengetahui apa fungsi dari aplikasi ini. Ms word mampu melakukan banyak hal yang berhubungan dengan pembuatan dokumen. Microsoft word ini merupakan aplikasi untuk mengolah kata yang bisa Anda gunakan untuk banyak hal. Fungsi dari Ms Word yaitu:

  1. Membuat berbagai jenis dokumen seperti makalah, proposal, buku, novel, dan berbagai dokumen lainnya.
  2. Membuat sertifikat
  3. Membuat kartu nama, kartu ucapan, dan berbagai jenis kartu lainnya.
  4. Membuat pamflet, brosur, dan media iklan lainnya
  5. Membuat surat, absensi, dan dokumen kantor lainnya

Karena fungsinya yang sangat banyak, Anda memang diharuskan belajar word. Tidak hanya untuk menunjang pekerjaan saja, Anda bisa melakukan banyak hal dengan Ms Word.

Persiapan Menggunakan Microsoft Word Untuk Bekerja

Sebelum mempelajari cara belajar microsoft word Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Install Microsoft Office

Persiapan yang pertama harus dilakukan adalah menginstal aplikasi Ms Office. Biasanya aplikasi ini akan langsung terinstall ketika Anda membeli laptop atau komputer. Agar lebih nyaman dalam menggunakannya, pastikan Ms Office yang digunakan adalah yang terbaru. Anda bisa melakukan upgrade untuk mendapatkan versi yang paling baru.

2. Ubah Jadi ke Satuan Centimeter

Selanjutnya Anda perlu mengubah satuan pengukuran ke dalam satuan centimeter. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam menggunakan MS Word. Perlu Anda ketahui setelan umum dari Ms Word adalah inci dan di Indonesia sangat jarang digunakan. Untuk mengubahnya ikuti cara berikut:

  1. Buka Ms Word
  2. Pilih Menu File
  3. Lalu pilih Option
  4. Kemudian klik Advanced
  5. Selanjutnya pilih Display dan ubah kolom Show Measurements in units of dengan centimeter.
  6. Terakhir klik ok

Langkah belajar ms word-Andalan News

Langkah-Langkah Belajar Ms Word Untuk Pemula

Untuk belajar komputer dasar word Anda perlu mengikuti langkah yang akan dijelaskan di sini. Sebelum mengikuti langkah ini sebaiknya Anda buka terlebih dahulu aplikasi Ms Worder di laptop atau komputer Anda.

1. Mengenal Button Microsoft Word

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenal button atau tombol utama yang ada di ms word. Tombol utama dari Ms Word ini ada di pojok kiri atas layar. Anda bisa klik tombol tersebut untuk melihat menu utama yang ada di dalamnya. Ada 9 menu utama yang ada di Ms Word dan setiap menunya mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

  1. Tombol “New”, berfungsi untuk membuat dokumen MS Word baru
  2. Tombol “Open”, berfungsi untuk membuka dokumen Ms Word yang sudah ada di komputer atau laptop Anda
  3. Tombol “Save”, berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sedang Anda buat.
  4. Tombol “Save As”, berfungsi untuk menyimpan dokumen dengan nama yang berbeda.
  5. Tombol “Print”, berfungsi untuk mencetak dokumen yang sedang Anda buka.
  6. Tombol “Prepare”, berfungsi untuk menyiapkan dokumen  untuk didistribusikan.
  7. Tombol “Send”, berfungsi untuk mengirim dokumen yangs edang Anda buat ke email atau blog.
  8. Tombol “Publish”, berfungsi untuk mempublikasikan dokumen yang Anda buat ke orang lain.
  9. Tombol “Close”, berfungsi untuk menutup dokumen yang sedang Anda buka saat ini.

Selain button utama ada Ribbon dan Tab yang perlu Anda ketahui. Tab ini ada di bagian tengah atas. Dalam tab ini berisi menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. berikut penjelasan lebih lanjut mengenai setiap menu:

  • Home

Home merupakan tab umum yang ada di Ms Word dan akan selalu digunakan selama proses pembuatan dokumen. Di dalam tab ini berisi menu untuk mengatur paragraf, font, gaya tulisan, dan sejenisnya.

  • Insert

Insert merupakan tab yang digunakan untuk membuat tabel, mengatur halaman, dan memasukkan ilustrasi. Anda juga bisa menambahkan link dan menambahkan simbol dengan menu tab ini.

  • Page Layout

Fungsi dari tab page layout adalah untuk mengatur halaman yang sedang Anda kerjakan. Anda bisa mengatur warna tema, setting halaman, dan mengatur spasi antar paragraf.

  • References

Menu tab Reference digunakan untuk membuat caption, index, footnote, dan juga menambahkan kotak konten. Untuk pembuatan dokumen standar menu ini jarang sekali digunakan.

  • Mailings

Mailings tab digunakan untuk menambahkan alamat email, dan membuat alamat pada amplop. Dengan menu ini Anda bisa membuat amplop dengan berbagai alamat secara mudah.

  • Review

Tab review digunakan untuk memodifikasi dokumen yang Anda buat. Dengan tab ini Anda bisa menghapus sekaligus menambahkan komen, melakukan tracking pada dokumen, dan juga proof isi dari konten yang Anda buat.

  • View

Tab ini merupakan tab yang berfungsi untuk mengatur layout halaman. Anda bisa mengatur tampilan halaman melalui tab View ini. Dalam tab view ini terdapat menu show/hide, dokumen views dan juga zoom. Semua menu yang sudah dijelaskan ini adalah menu dasar yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan Ms Word.

2. Menguasai Dasar Pembuatan Teks

Langkah selanjutnya agar mahir menggunakan Ms Word adalah dengan menguasai dasar pembuatan teks. Anda harus bisa memasukkan teks, menghapus teks, memilih teks, mengcopy paste teks, dan menyimpan dokumen.

  • Memasukkan Teks

Untuk memasukkan teks Anda hanya perlu mengetik saja dokumen yang akan Anda buat. Anda juga bisa menggunakan menu text box untuk membuat teks dalam sebuah kotak. Cara membuat text box ini mudah, pilih menu insert kemudian pilih text box. Kemudian ketikan teks yang akan Anda buat.

  • Menghapus Teks

Ada dua cara untuk menghapus teks yaitu dengan menggunakan tombol backspace dan delete. Tombol backspace digunakan untuk menghapus huruf di depan kursor. Sedangkan delete digunakan untuk menghapus huruf di belakang kursor.

  • Memilih Teks

Anda juga harus bisa memilih teks atau melakukan block pada teks. Ini merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai karena untuk melakukan pengaturan font dan paragraf Anda harus memilih teksnya terlebih dahulu. Untuk memilih teks Anda bisa klik pada teks kemudian drag atau blok teks yang akan dipilih. Anda juga bisa menggunakan tombol ctrl + a untuk memilih semua isi dokumen.

  • Copy Paste Teks

Anda juga bisa mengcopy kata atau kalimat yang sudah Anda buat. Caranya yaitu pilih teks yang akan di-copy kemudian klik kanan lalu pilih copy. Anda juga bisa menggunakan tombol ctrl + c untuk copy dokumen. Setelah tercopy tempatkan kursor di bagian yang diinginkan kemudian klik kanan dan pilih menu paste atau pencet ctrl + v. Dokumen yang Anda copy tadi otomatis akan tersalin.

  • Menyimpan Dokumen

Selanjutnya dasar pembuatan teks yang perlu Anda kuasai adalah menyimpan dokumen. Untuk menyimpan dokumen Anda pilih pilih menu file kemudian save. Atau Anda bisa menggunakan tombol pintas ctrl + S. Anda akan dibawa ke folder komputer atau laptop Anda. Pilih folder penyimpanan yang Anda inginkan lalu pilih oke. Untuk menyimpan editan dokumen selanjutnya Anda cukup tekan ctrl + S saja.

  • Melakukan Format Teks

Setelah menguasai basic dari pembuatan teks Anda juga harus menguasai bagaiman cara format teks. Format teks ini bertujuan agar tulisan atau dokumen yang Anda buat mempunyai tampilan yang menarik. Dalam formatting text Anda bisa menggunakan menu home lalu pilih format apa saja yang ingin disesuaikan.

Formatting text ini meliputi pengubahan jenis font, ukuran huruf, warna huruf, dan membuat kata menjadi tebal atau miring atau digaris bawah. Selain dengan menggunakan menu home Anda bisa melakukannya dengan cara memilih teks yang akan diformat kemudian klik kanan. Pilih menu formating lalu lakukan perubahan format yang Anda inginkan.

  • Mengatur Format Paragraf

Langkah mahir Ms Word yang selanjutnya adalah mengatur format paragraf. Untuk mengatur format paragraf Anda bisa menggunakan tab menu paragraph yang ada di menu home. Dalam tab menu ini Anda bisa mengatur paragraf apakah akan rata kiri saja, rata kanan saja, atau rata kiri kanan. Anda juga bisa mengubah spasi antar paragraf di sini. Di sebelah menu paragraph terdapat menu style yang bisa Anda gunakan untuk mengubah style huruf Anda. Ms Word menyediakan banyak style yang bisa Anda gunakan.

  • Mengubah Tata Letak Halaman

Untuk mengubah tata letak halaman Anda bisa menggunakan Page Layout. Dalam tab menu tersebut Anda bisa mengubah ukuran kertas dan mengatur orientasi kertas. Anda bisa mengubah dokumen dari potrait ke landscape dan sebaliknya. Anda juga bisa mengatur margin dokumen melalui menu tab tersebut. Untuk Anda yang ingin menambahkan header atau footer juga bisa menggunakan menu insert.

Header dan footer ini bisa Anda gunakan untuk menambahkan halaman pada dokumen atau tanggal pembuatan dokumen. Membuat header dan footer bisa dengan cara klik menu insert kemudian pilih header atau footer. Anda bisa mengatur sendiri tulisan yang ada di dalamnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Membuat Tabel

Tidak semua dokumen yang Anda buat adalah tulisan paragraf semua bukan?. Anda juga bisa membuat tabel dengan menggunakan Ms Word. Untuk membuat tabel Anda bisa pilih menu insert kemudian pilih table. Anda bisa menggambar tabel sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah tabel terbuat Anda juga bisa memodifikasi lebar dan tinggi tabel. Anda juga bisa menghapus row dan kolom yang tidak digunakan. Cara menghapus row atau kolom yaitu pilih row yang akan dihapus kemudian klik kanan dan pilih menu delete row.

  • Menambahkan Gambar atau Ilustrasi

Ms Word juga menyediakan fitur gambar dan ilustrasi. Anda bisa menyisipkan gambar dalam dokumen yang Anda buat. Cara menyisipkan gambar dalam dokumen yaitu pilih insert lalu pilih picture kemudian pilih gambar yang ingin dimasukkan. Ms Word juga menyediakan clip art yang bisa Anda gunakan dalam dokumen Anda. Jika anda ingin menggambar bentuk bisa menggunakan menu shapes dan smartart yang ada di tab insert.

  • Membuat Word Art

Ms Word juga menyediakan fitur untuk membuat Word Art agar dokumen Anda menjadi lebih menarik. Untuk membuat Word Art Anda bisa pilih menu Word Art yang ada di tab insert. Anda bisa mengatur jenis font yang Anda inginkan dan ukuran dari Word Art Anda.

  • Menggunakan Fitur Pemeriksaan

Agar mahir Ms Word Anda juga harus mengetahui fitur pemeriksaan yang ada di dalamnya. Fitur ini bisa Anda gunakan mengecek jumlah kata yang sudah Anda tulis dan mengecek grammar. Untuk melihat jumlah kata bisa Anda cek di bagian pojok kiri bawah layar Anda. Di sana terdapat jumlah halaman, jumlah kata, dan bahasa yang digunakan. Sedangkan untuk cek spelling dan grammar bisa menggunakan tab Review kemudian pilih spelling & grammar. Setidaknya Anda harus menguasai kesepuluh hal diatas untuk bisa mahir menggunakan Ms word.

Untuk kemampuan selanjutnya bisa Anda kembangkan sendiri seiring seringnya Anda menggunakan aplikasi ini. Belajar microsoft word tidak bisa sekali tapi harus terus dikembangkan agar benar-benar mahir.

Baca juga : Microsoft Cs Ikut Facebook Tuntut Perusahaan Spyware NSO

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Apa fungsi Ms Word ?” answer-0=” Membuat berbagai jenis dokumen seperti makalah, proposal, buku, novel, dan berbagai dokumen lainnya. ; Membuat sertifikat ; Membuat kartu nama, kartu ucapan, dan berbagai jenis kartu lainnya. ; Membuat pamflet, brosur, dan media iklan lainnya ; serta Membuat surat, absensi, dan dokumen kantor lainnya ” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Cara Mengubah Ms Word jadi Centimenter?” answer-1=”Buka Ms Word , Pilih Menu File , Lalu pilih Option , Kemudian klik Advanced , Selanjutnya pilih Display dan ubah kolom Show Measurements in units of dengan centimeter. , Terakhir klik ok ” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Apa saja 9 menu utama yang ada di Ms Word?” answer-2=”New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close ” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]