Lebanon Adukan Agresi Israel ke DK PBB

by

in
Lebanon Adukan Agresi Israel ke DK PBB

Pasukan Hizbullah, 15 April 2016 [Agensi Anadolu]

Beirut, Jurnas.com – Pemerintah Lebanon mengumumkan rencana mengajukan protes kepada Dewan Keamanan Perserikan Bangsa-Bangsa (DK PBB) atas serangan militer Israel baru-baru ini di Peternakan Shebaa, Lebanon.

Dalam pertemuan anggota kabinet Lebanon pada Selasa (28/7), Menteri Luar Negeri Lebanon, Nassif Hitti mengecam agresi Israel sehari sebelumnya dan mengatakan Beirut akan mengajukan pengaduan terhadap Tel Aviv ke DK PBB pada Rabu (29/7).

Pada Senin (27/7), Israel mengklaim pad menembakkan puluhan peluru ke Peternakan Shebaa di Lebanon, yang telah diduduki Tel Aviv sejak 1967, dan juga menggagalkan upaya pejuang Hezbollah Lebanon untuk “menyusup” ke wilayah pendudukan.

Kelompok Hizbullah Lebanon membantah menyusup, menyerang dan terlibat baku tembak dengan militer Israel. Menurut kelompok itu, tembakan hanya datang dari militer Israel yang ketakutan.

Hizbullah yang merupakan sekutu Iran mengatakan,  tentara Zionis telah menembaki ladang kosong, dan membuat seluruh insiden karena ketakutan ekstrem atas pembalasan Hizbullah.

Baca juga.. :

“Pemerintah akan mengajukan keluhan kepada DK besok untuk meminta Israel dan komunitas internasional bertanggung jawab atas apa yang terjadi kemarin, karena ada tindakan agresi yang jelas,” ujar Hitti mengatakan kepada wartawan setelah sesi kabinet.

“Kami mematuhi Resolusi PBB 1701 [dikeluarkan oleh DK PBB tahun 2006] dan hak Libanon untuk melindungi dirinya sendiri,” tambahnya.

Sebelumnya pada hari itu, Presiden Lebanon, Michel Aoun menggambarkan agresi Israel sebagai ancaman terhadap stabilitas di Lebanon Selatan.

Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab juga mengecam pelanggaran Israel atas kedaulatan negaranya dan menyebutnya sebagai eskalasi militer yang berbahaya.

Gerakan perlawanan pada beberapa kesempatan mengatakan pihaknya berhak memberikan jawaban yang tepat atas pembunuhan Israel terhadap anggotanya Ali Kamel Mohsen, yang mati syahid saat agresi Israel terbaru terhadap Suriah dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki Senin lalu.

Hizbullah berjanji akan membalas setiap anggotanya yang terbunuh pasukan Israel di Suriah. Kelompok perlawanan menembakkan rentetan rudal anti-tank ke wilayah yang diduduki pada September tahun lalu setelah dua anggotanya menjadi martir dalam agresi Israel di dekat Damaskus.

TAGS : Agresi Israel DK PBB Lebanon Pejuang Hizbullah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76176/Lebanon-Adukan-Agresi-Israel-ke-DK-PBB/