Ledakan "Horor" di Beirut: 78 Meninggal dan Ribuan Cedera

by

in
Ledakan "Horor" di Beirut: 78 Meninggal dan Ribuan Cedera

Ledangan mengerikan di Beirut, Lebanon (Foto: Citizen Free Press/YouTube)

Beirut, Jurnas.com – Sebuah ledakan besar melanda ibukota Lebanon, Beirut, Selasa waktu setempat (4/8), menewaskan 78 orang dan melukai hampir 4.000.

Para pejabat mengatakan mereka memperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat ketika para pekerja darurat menggali puing-puing untuk menyelamatkan dan mengangkat korban yang meninggal.

Dilansir dari Reuters, ledakan ini adalah yang paling kuat dalam beberapa tahun yang melanda Beirut, yang sudah pulih dari krisis ekonomi dan lonjakan infeksi virus corona yang menyebabkan COVID-19.

Presiden Lebanon, Michel Aoun mengatakan, 2.750 ton amonium nitrat disimpan selama enam tahun di pelabuhan tanpa langkah-langkah keamanan dan mengatakan itu “tidak dapat diterima”.

Ia menyerukan pertemuan kabinet darurat pada Rabu (5/8) dan mengatakan keadaan darurat dua minggu harus diumumkan.

Baca juga.. :

“Apa yang kita saksikan adalah bencana besar,” kata kepala Palang Merah Lebanon George Kettani kepada penyiar Mayadeen. “Ada korban dan korban di mana-mana.”

Satu sumber keamanan mengatakan para korban dibawa untuk dirawat di luar kota karena rumah sakit-rumah sakit di Beirut penuh dengan korban luka. Ambulans dari utara dan selatan negara itu dan lembah Bekaa di timur dipanggil untuk membantu.

Ledakan itu begitu besar sehingga beberapa warga di kota itu, tempat kenangan penembakan berat selama perang saudara 1975-1990 hidup, mengira gempa telah melanda. Orang-orang yang bingung, menangis, dan terluka berjalan di jalan mencari kerabat.

Yang lain mencari orang yang mereka cintai yang hilang di rumah sakit yang meluap. Seorang petugas medis mengatakan 200 hingga 300 orang telah dirawat di satu unit gawat darurat. “Saya belum pernah melihat ini. Mengerikan sekali,” kata petugas medis, yang memberinya nama Rouba, kepada Reuters.

Perdana Menteri Hassan Diab mengatakan kepada negara itu akan ada pertanggungjawaban atas ledakan mematikan di “gudang berbahaya”.

“Mereka yang bertanggung jawab akan membayar harganya,” katanya dalam pidato yang disiarkan televisi kepada negara itu, seraya menambahkan bahwa rinciannya akan diumumkan kepada publik.

Kedutaan Amerika Serikat (AS) di Beirut memperingatkan warga di kota itu tentang laporan gas beracun yang dikeluarkan oleh ledakan itu, mendesak orang untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mengenakan masker jika ada. (Reuters)

TAGS : Ledakan Mengerikan Lebanon Beirut Timur Tengah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76466/Ledakan-Horor-di-Beirut-78-Meninggal-dan-Ribuan-Cedera/