Maaf, Anjing dan Kucing Luar Dilarang Masuk Papua

0
Maaf, Anjing dan Kucing Luar Dilarang Masuk Papua

ilustrasi anjing

Mimika –  Dinas Peternakan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, masih melarang warga memasukan ternak anjing dan kucing peliharaan dari luar Papua. Hal ini diberlakukan guna mencegah penyebarluasan penyakit rabies. Larangan memasukan ternak anjing dan kucing peliharaan dari luar Papua sudah tertuang jelas dalam Perda Provinsi Papua Nomor 4 tahun 2006 yang ditindaklanjuti dengan terbitnya Peraturan Gubernur Papua.

“Sampai sekarang itu dilarang keras, ada sanksi tegas bagi yang melanggar aturan tersebut. Kami mengimbau warga untuk tidak mencoba-coba memasukan ternak anjing dan peliharaan dari luar Papua ke Papua, karena sebagian besar daerah di luar Papua sudah ada kasus rabies,” kata Kepala Disnak Mimika Yosefin Sampelino di Timika, Minggu (9/7).

Menurut dia, semua daerah di Papua terus berupaya memperketat pengamanan wilayahnya dari masuknya ternak anjing dan kucing peliharaan dari luar Papua guna mencegah mewabahnya penyakit rabies ke Papua.

“Kita tidak bisa membayangkan apa jadinya kalau penyakit rabies itu sampai di Papua sebab masyarakat lokal rata-rata memiliki anjing peliharaan. Kalau sampai kasus itu ada di Papua, sangat sulit untuk dimusnahkan, apalagi wilayah Papua yang begitu luas dengan hutan belantaranya,” kata Yosefin.

Guna mencegah masuknya ternak anjing dan kucing peliharaan dari luar Papua, Disnak Mimika terus membangun koordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pengawasan secara ketat terutama di pintu-pintu masuk pelabuhan dan bandara di Mimika.

“Kesulitan yang kami alami, pelabuhan kita begitu banyak dan panjang sehingga sebagian besar sulit di deteksi dan diawasi. Apalagi kalau ternak-ternak itu mereka bawa langsung ke kampung-kampung di wilayah pesisir, tentu akan sulit terkontrol,” katanya.

Menyadari kondisi itu, Disnak Mimika terus berupaya membangun kesadaran warga setempat tentang pentingnya menyelamatkan Papua dari penularan penyakit rabies melalui berbagai penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan.

Selain ternak anjing dan kucing peliharaan, Disnak Mimika juga melarang masuknya sejumlah unggas dari luar Papua seperti ayam aduan dan ayam kampung guna mencegah wabah penyakit flu burung. “Kami juga melarang keras pengiriman daging babi dari Manado ke Timika untuk mencegah wabah kolera babi,” kata Yosefin. Ant

TAGS : Rabies Anjing Papua

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18577/Maaf-Anjing-dan-Kucing-Luar-Dilarang-Masuk-Papua/

Leave A Reply

Your email address will not be published.