Madrasah Kembali Ukir Prestasi Robotik Internasional

by

in
Madrasah Kembali Ukir Prestasi Robotik Internasional

Miftahul Risqi mengikuti World Robot Games 2019 di Thailand

Jakarta, Jurnas.com – Madrasah kembali mengharumkan nama Indonesia di level internasional. Adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Kalijambe, Sragen, M Miftahul Risqi, sukses meraih penghargaan performance award pada ajang World Robot Games (WRG) di Thailand.

“Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan dan terima kasih atas doa teman-teman semua, karena siswa kami berhasil meraih penghargaan pada kompetisi robotik tingkat internasional,” kata Kepala MTsN 8 Sragen, Muawanatul Badriyah, pada Kamis (5/9).



Mewakili Indonesia, Risqi meraih penghargaan Performance Award untuk kategori Line Tracing Robot Extreme, yakni, lomba line tracing robot yang memiliki jalur lintasan extreme alias sulit dilalui.

Tantangan yang dihadapi salah satunya lintasan berbentuk roller coaster. Jika peserta tidak pandai memrogram robotnya, maka risiko robotnya akan rusak karena jatuh dari ketinggian dengan kecepatan yang tinggi.

Baca juga.. :

Tantangan ini dapat dilalui Risqi dengan baik, meski dia harus berkompetisi dengan peserta dewasa. Risqi keluar sebagai pemenang kompetisi tersebut.

“Ini menunjukkan bahwa siswa madrasah di desa mampu berprestasi pada ajang yang membutuhkan kemampuan teknologi masa depan,” ujar Muawanatul.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kami. Saya yakin madrasah kami bakal lebih bersinar dan menjadi pilihan utama para orangtua dalam menyekolahkan anaknya,” sambungnya.

WRG digelar tiap tahun di Bangkok Thailand. Ajang internasional ini diikuti 1.220 peserta dari 10 negara. Selain Thailand dan Indonesia, peserta berasal  dari Singapura, Philipina, Vietnam, China, Malaysia, Taiwan, Bhutan, Myanmar, dan Indonesia.

WRG yang berlangsung tiga hari, 29 Agustus sampai 3 Agustus 2019, ini mengusung tema “Robotic at Home”. Kompetisi ini terbuka untuk umum. Kategori yang dilombakan, Sumo Robot, Line Tracing, Search Robot and Rescue MINI, Robot Rugby and Innovative, dan Line Tracing X-Treme.

TAGS : Madrasah Lomba Robotik Miftahul Risqi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/58799/Madrasah-Kembali-Ukir-Prestasi-Robotik-Internasional/