Makin Panas, China Ambil Alih Gedung Konsulat AS di Chengdu

by

in
Makin Panas, China Ambil Alih Gedung Konsulat AS di Chengdu

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com – China mengatakan mengambil alih tempat konsulat Amerika Serikat (AS) di kota barat daya Chengdu pada Senin (27/7), setelah memerintahkan fasilitas itu ditutup sebagai aksi pembalasan karena diusir dari konsulat Tiongkok di Houston, Texas.

Dilansir dari Reuters, polisi di Chengdu membatasi akses ke daerah di sekitar konsulat pada Senin pagi, dan empat pejabat dengan alat pelindung diri terlihat berjalan menuju konsulat sekitar pukul 10:24 waktu setempat (0224 GMT).

Kementerian Luar Negeri China mengatakan konsulat ditutup pada pukul 10 pagi. Dikatakan kemudian bahwa pihak berwenang memasuki gedung dan mengambil alih tempat itu.

China memerintahkan penutupan fasilitas pada hari Jumat setelah Washington pekan lalu memberi China 72 jam untuk mengosongkan konsulatnya di Houston, dalam peningkatan dramatis ketegangan antara dua ekonomi terbesar dunia.

AS mengkonfirmasi penutupan konsulat dalam sebuah video perpisahan yang dibagikan dari kedutaan AS di akun Twitter China.

Baca juga.. :

“Konsulat AS di Chengdu telah dengan bangga mempromosikan saling pengertian antara orang Amerika dan orang-orang di Sichuan, Chongqing, Guizhou, Yunnan dan Tibet sejak tahun 1985. Kami akan selalu merindukanmu,” katanya.

Penyiar negara bagian CCTV membagikan video di akun Weibo seperti Twitternya, yang diambil oleh seorang reporter, dari bendera Amerika di depan konsulat di Chengdu diturunkan pada pukul 6:18 pagi pada hari Senin.

Pada Minggu (27/7) malam, seekor crane terlihat memasuki kompleks konsulat dan mengangkat setidaknya satu kontainer ke sebuah truk besar.

Pada Sabtu (25/7) malam, seorang pekerja terlihat menggunakan alat termasuk palu dan pahat untuk melepas alat kelengkapan di sekitar sebuah plakat di luar pintu masuk utama.

Hubungan AS-China memburu dalam beberapa dekade terakahri, dari perdagangan dan teknologi, pandemi COVID-19 hingga klaim teritorial Tiongkok di Laut China Selatan dan upaya kerasnya terhadap Hong Kong.

TAGS : Konsulat China Amerika Serikat Chengdu

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76067/Makin-Panas-China-Ambil-Alih-Gedung-Konsulat-AS-di-Chengdu/