Malaysia Bakal Buka Kedutaan Lagi di Korut

0
Malaysia Bakal Buka Kedutaan Lagi di Korut

PM Malaysia Mahathir Muhammad (Foto: BERNAMA)

Jakarta – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad mengumumkan bahwa Malaysia akan kembali membuka kedutaan besarnya di Korea Utara, setelah menutup kedutaannya pada 2017 lalu. Namun belum tau kapan Negrei berjuluk negeri Jiran tersebut akan merealisasikan rencana tersebut.

Dilansir AA, Mahathir menekankan tidak perlu meragukan lagi ketulusan Korea Utara dalam pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura.



Menurutnya, Malaysia akan membangun kembali hubungan bilateral dengan Korea Utara. “Malaysia akan kembali membuka kedutaan besar di Pyongyang dan kami harus menjalin hubungan dagang dengan Korea Utara,” katanya.

Mahathir mengatakan bahwa Pyongyang seharusnya tak hanya menghabiskan uang untuk perang. Selama ini, sebutnya, Pyongyang terlalu banyak menghabiskan uang untuk militer akibat ketegangan dengan AS dan Korea Selatan.

Selain itu, Mahathir juga menyampaikan bahwa Trump merupakan sosok yang susah untuk dipahami. “Saat ini kami sedang tidak bisa membahas kebijakan Trump, karena dia sering berubah pikiran. Kadang mengatakan sesuatu, lalu berubah, setelah itu berubah lagi. Hal ini mempersulit pemahaman kita mengenai kebijakan yang diusulkannya,” tuturnya.

Setelah pembunuhan saudara tiri pemimpin Korut, Kim Jong-nam, di Malaysia pada tahun 2017, timbul ketegangan antara kedua negara, menyebabkan Malaysia memulangkan duta besarnya di Korea Utara.

TAGS : Malaysia Korut Kedutaan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/36132/Malaysia-Bakal-Buka-Kedutaan-Lagi-di-Korut/

Leave A Reply

Your email address will not be published.