Masyarakat Diimbau Berkomitmen Kuat dalam Pengendalian Covid-19

by

in

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta pemerintah dan masyarakat harus memegang teguh komitmen dalam menjalankan kebijakan pengendalian Covid-19 di tanah air. Pasalnya menurut Lestari, tanpa adanya komitmen yang kuat semua pihak sulit mengendalikan penyebaran virus Korona.

“Dalam pelaksanaan kebijakan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) semua pihak baik pemerintah dan masyarakat harus memegang komitmen untuk menjalankan kebijakan itu dengan baik,” ujar Lestari, Senin (26/7).

Menurut Lestari yang akrab disapa Rerie, berbagai catatan yang terjadi pada fase PPKM Darurat hingga PPKM Level 4 memang harus dijadikan dasar pertimbangan oleh para pemangku kepentingan untuk mengambil kebijakan berikutnya.

Komitmen semua pihak untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, ujar Rerie, harus benar-benar kuat di masa kritikal dalam pengendalian penyebaran virus korona, seperti saat ini. Para pemangku kepentingan dalam menetapkan kebijakan, kata Legislator Nasdem itu, harus benar-benar siap dengan konsekuensinya.

Pengetatan atau pelonggaran kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat, tegas Rerie, sejatinya memiliki konsekuensi yang harus segera diantisipasi. Obat-obatan untuk warga yang terpaksa melakukan isolasi mandiri karena keterbatasan fasilitas kesehatan misalnya, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus benar-benar dijamin ketersediaannya.

Demikian juga, kata anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Nasdem itu, dengan bantuan sosial yang tepat sasaran, ketersediaan kelengkapan fasilitas kesehatan lainnya seperti oksigen, ruang ICU, ruang isolasi, ventilator dan tenaga kesehatan. Upaya testing, tracing dan treatment (3T), tambah Rerie, juga harus dilakukan secara konsisten agar hasil pencatatan cukup memadai untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.

Di sisi lain, tegas Rerie, masyarakat juga harus berkomitmen kuat untuk mematuhi aturan yang ditetapkan dalam rangka pengendalian Covid-19 dan kewajiban menjalankan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk bisa diterapkan dalam keseharian.

“Itu sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus Korona,” katanya.

Menurut Rerie, kebijakan apa pun yang ditetapkan, dengan komitmen yang kuat dari pemerintah dan masyarakat untuk menjalankan setiap peraturan yang diterapkan di masa pandemi, kita yakin mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 di tanah air.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Gunawan Wibisono


Credit: Source link