Menlu Pompeo: AS Tidak akan Pernah Izinkan Iran Beli Senjata

by

in
Menlu Pompeo: AS Tidak akan Pernah Izinkan Iran Beli Senjata

Direktur Central Intelligence Agency (CIA), Mike Pompeo (Foto: via Financial Tribune)

London, Jurnas.com – Amerika Serikat (AS) tidak akan pernah mengizinkan Iran membeli senjata konvensional ketika embargo senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa (AS) dicabut akhir tahun ini.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan dunia menyadari bahwa Teheran tidak dapat diizinkan untuk menjual sistem senjata sementara negara itu terus mendatangkan malapetaka di Timur Tengah.

Embargo akan berakhir pada Oktober 2020 dan AS berharap menemukan cara untuk membuat Dewan Keamanan PBB setuju untuk memperpanjang dan memperkuat langkah tersebut.

“Kami tidak akan membiarkan itu terjadi,” kata Pompeo pada Rabu (29/4).

“Apakah ada yang berpikir bahwa negara yang saat ini melakukan kampanye teror, seperti Hizbullah Lebanon, gerakan Syiah Irak atau menembakkan rudal militer ke udara harus diizinkan membeli sistem senjata konvensional hanya dalam beberapa bulan?

Baca juga.. :

“Saya pikir dunia menyadari itu kesalahan.”

Pompeo mengatakan AS akan bekerja dengan DK PBB untuk memperpanjang larangan itu, tetapi jika gagal, Washington akan mengevaluasi setiap kemungkinan.

Mantan Direktur Central Intelligence Agency (CIA) itu menunjukkan salah satu dari banyak kegagalan kesepakatan nuklir Iran 2015 yang dirancang untuk mengurangi aktivitas nuklir Teheran dengan imbalan pelonggaran sanksi.

Presiden Donald Trump menarik AS pada tahun 2018 dari apa yang disebutnya sebagai “kesepakatan terburuk dalam sejarah”, yang menyetujui embargo berakhir pada 18 Oktober.

Washington menerapkan kembali sanksi dan meningkatkan kemampuan militer AS di Teluk setelah Iran dituding berada di balik serangan kapal pengiriman minyak dan kilang Arab Saudi.

Pompeo juga menuduh Iran menerbangkan dukungan ke Venezuela – negara lain yang menjadi sasaran AS dengan sanksi berat. Ia mengatakan selama beberapa hari terakhir beberapa pesawat milik Mahan Air mentransfer bantuan ke rezim Nicolas Maduro.

“Ini adalah maskapai teroris yang sama yang digunakan Iran untuk memindahkan senjata dan pejuang di Timur Tengah,” kata Pompeo.

Karan itu, Ia menyerukan agar penerbangan berhenti dan agar negara lain tidak mengizinkan Mahan Air terbang melalui wilayah udara mereka. (Arab News)

TAGS : DK PBB Embargo Senjata Amerika Serikat Mike Pompeo

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/71430/Menlu-Pompeo-AS-Tidak-akan-Pernah-Izinkan-Iran-Beli-Senjata/