Menolak Mundur, Jaksa AS Akhirnya Dipecat Trump

by

in
Menolak Mundur, Jaksa AS Akhirnya Dipecat Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington, DC, 1 Agustus 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com – Jaksa Geoffrey Berman akhirnya dipecat dari posisinya sebagai Kepala Kantor Kejaksaan Distrik New York, setelah menolak berhenti dari pekerjaannya.

Demikian keterangan Jaksa Agung Amerika Serikat (AS), William Barr pada Minggu (21/6), usai menuduh Berman menyajikan drama di muka publik.

“Karena Anda telah menyatakan bahwa Anda tidak memiliki niat untuk mengundurkan diri, saya telah meminta Presiden (Trump) untuk memecat Anda pada hari ini, dan dia telah melakukannya,” kata Barr dikutip dari Al-Arabiya.

Sebelumnya Berman menyelidiki kasus yang menimpa rekan Presiden Trump, termasuk mantan pengacara Trump Michael Cohen, dan penasehat Rudy Giuliani yang disinyalir terlibat dalam upaya mendiskreditkan lawan politik Trump.

Sebelumnya, sebagaimana dilansir dari BBC, perselisihan antara jaksa agung dan jaksa federal di Manhattan dimulai pada Jumat malam, ketika Barr mengeluarkan siaran pers yang mengumumkan bahwa Berman “mengundurkan diri” setelah dua setengah tahun menduduki jabatan itu.

Baca juga.. :

“Berman telah melakukan pekerjaan yang sangat baik, mencapai banyak keberhasilan pada masalah sipil dan kriminal yang berakibat”, kata Barr Jumat lalu.

Dia menambahkan bahwa presiden bermaksud untuk mencalonkan ketua Komisi Sekuritas dan Bursa Jay Clayton, yang tidak pernah menjabat sebagai jaksa federal, sebagai pengganti Berman.

Tidak lama kemudian, Berman mengeluarkan pernyataannya sendiri, mengatakan bahwa dia tahu dia “mundur” dari siaran pers.

“Saya belum mengundurkan diri, dan tidak punya niat untuk mengundurkan diri, posisi saya,” tegas Berman.

“Saya akan mundur ketika calon presiden yang ditunjuk dikonfirmasi oleh Senat,” lanjut dia.

Pengumuman Barr mengejutkan ketua Komite Kehakiman Senat Republik, Lindsey Graham. Dia yang mengatakan bahwa pencalonan Clayton masih harus disetujui oleh dua Senator New York, Chuck Schumer dan Kirsten Gillibrand.

“Ini pemberhentian Jumat malam berbau potensi korupsi proses hukum. Apa yang membuat marah Presiden Trump? Tindakan sebelumnya oleh Pengacara AS ini atau yang sedang berlangsung?” tulis Schumer di Twitter.

TAGS : Geoffrey Berman Jaksa Agung AS Donald Trump Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74098/Menolak-Mundur-Jaksa-AS-Akhirnya-Dipecat-Trump/