Mike Pompeo: Jimmy Lai Hanya Seorang Patriot yang Menginginkan Kebebasan

by

in
Mike Pompeo: Jimmy Lai Hanya Seorang Patriot yang Menginginkan Kebebasan

Penguasa media Jimmy Lai Chee-ying, pendiri Apple Daily (C) ditahan oleh unit keamanan nasional di Hong Kong, Cina 10 Agustus 2020. (Tyrone Siu/Reuters)

Washington, Jurnas.com  – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengecam China atas penangkapan taipan media Hong Kong Jimmy Lai. Ia mengatakan, langkah itu mengindikasikan, Beijing tidak mungkin mengubah posisinya di pusat keuangan.

Dilansir dari Reuters, Pompeo mengatakan, AS akan mengambil tindakan untuk memastikan Washington memperlakukan Hong Kong sebagai perpanjangan dari China setelah Beijing mengesahkan undang-undang keamanan nasional baru pada Juni.

“Saya tidak optimistis mengingat apa yang kita lihat pagi ini bahwa mereka akan mengubah apa yang mereka lakukan,” kata Pompeo pada Konferensi Tindakan Politik Konservatif.

“Tapi yang bisa kami pastikan, dan Presiden Trump telah mengatakan, sejauh Partai Komunis China memperlakukan Hong Kong hanya sebagai kota yang dikelola komunis, AS akan melakukan hal yang sama,” tambahnya.

Pompeo mengatakan bahwa Lai, yang pada Senin menjadi orang dengan profil tertinggi yang ditangkap berdasarkan undang-undang keamanan nasional yang baru, adalah seorang “patriot” yang menginginkan tidak lebih dari kebebasan dasar bagi rakyat Hong Kong.

Baca juga.. :

Penangkapan Lai terjadi di tengah tindakan keras Beijing terhadap oposisi pro-demokrasi di kota itu dan selanjutnya memicu kekhawatiran tentang media dan kebebasan yang dijanjikan lainnya ketika kembali ke China pada 1997.

China memberlakukan undang-undang keamanan baru yang luas di Hong Kong pada 30 Juni 2020, yang kemudian mengundang kecaman dari negara Barat.

Pompeo menyatakan khawatir, Hong Kong akan menjalani pemilihan demokratis terakhirnya, yang tampaknya mengacu pada pemilihan dewan distrik tingkat rendah 2019, ketika generasi muda demokrat yang lebih menantang mencetak kemenangan yang luar biasa.

Bulan lalu, Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam menunda pemilihan 6 September untuk kursi di legislatif kota selama setahun karena lonjakan kasus virus corona baru yang menyebabkan pandemi COVID-19.

Hal itu menuai kecaman dari AS yang mengatakan tindakan tersebut adalah contoh terbaru dari Beijing yang merusak demokrasi di wilayah yang diperintah China.

TAGS : Hong Kong Mike Pompeo Amerika Serikat Jimmy Lai

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76806/Mike-Pompeo-Jimmy-Lai-Hanya-Seorang-Patriot-yang-Menginginkan-Kebebasan/