Mobil ramah lingkungan masuk Indonesia selama 2020

Jakarta (ANTARA) – Tidak hanya kendaraan konvensional yang meluncur di pasar Indonesia, ternyata banyak juga kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan mulai bermunculan di pasar Indonesia.

Berikut rangkuman beberapa kendaraan ramah lingkungan yang meluncur di Indonesia selama 2020.

Baca juga: Renault Zoe mobil listrik terlaris di Eropa

Hyundai Ioniq

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) yang bertugas membawa brand Hyundai di Indonesia resmi melucnurkan kendraan ramah lingkungan mereka yakni Hyundai Ioniq Electric.

Mobil asal Korea Selatan ini menggunakan baterai berkaasitas 38,3 kWh yang mengkalim dapat berjalan hingga sejauh 373 km dengan kondisi baterai terisi penuh.

Tentunya, mobil ini memiliki fitur keselamtan yang cukup baik mulai dari Blind spot Collision Warning, Rear Cross Traffic Collision Warning, 7 airbag system, dan Tire Pressure Monitoring System.

Untuk harga, IONIQ dibanderol dari angka Rp624,8 hingga Rp664,8 jutaan, dengan empat varian warna.

Hyundai Kona Electric

Masih dari produsen yang sama, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) juga eluncurkan kendaraan elektrik lainnya yakni Hyundai Kona untuk pasar Indonesia.

Kona Electric merupakan mobil listrik di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kompak. Eksteriornya terlihat tegas dengan grille tertutup yang ramping, dipadukan dengan lampu full-LED kembar khas Kona.

Kona Electric menghasilkan torsi instan sebesar 395 Nm yang disalurkan melalui all-electric powertrain, sehingga dapat mengakselerasi kecepatannya dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 9,7 detik. Maksimal jarak tempuh dengan sekali pengisian daya adalah 289 km pada siklus NEDC.

Kona Electrik yang memiliki empat pilihan warna dihargai Rp674,8 jutaan di Indonesia.

Toyota Prius Plug-In Hybrid

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Prius Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) untuk melengkapi jajaran kendaraan elektrifikasi mereka di Indonesia.

Prius PHEV menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 volt.

Battery capacity tercatat 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Kendaraan ramah lingkugan ini dibanderol mencapai Rp884 juta

Nissan Kick e-Power

Nissan Motor Indonesia resmi meluncurkan SUV kompak bertenaga listrik terbarunya, All-New Nissan Kicks e-POWER di Indonesia secara virtual.

Indonesia merupakan salah satu negara pertama di dunia yang memperkenalkan e-POWER, yang memungkinkan pelanggan menikmati sensasi berkendara mobil listrik tanpa perlu charger eksternal.

All-new Nissan Kicks e-POWER juga meningkatkan pengalaman berkendara dengan memperkenalkan ‘One-Pedal operation’ .

Teknologi ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi dengan hanya menggunakan satu pedal – yaitu pedal gas saja.

Konsumen bisa mulai memesan mobil ini dengan harga Rp449 juta (on the road DKI Jakarta). Pemesanan dibuka mulai 2 September dan pengiriman ke konsumen dimulai Oktober 2020.

Lexus UX 300e

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan mobil listrik murni (full electric) Lexus UX 300e dengan harga Rp1,245 miliar on the road DKI Jakarta.

Indonesia sendiri merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang dipilih Lexus untuk memasarkan kendaraan listrik murni ini, setelah sebelumnya dipasarkan di Jepang hingga sejumlah negara di Eropa.

Lexus UX 300e sendiri merupakan mobil di segmen Compact Luxury Crossover SUV dengan mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV) pertama dari Lexus. Sebelumnya juga terdapat versi hybrid dari seri UX.

Mobil ini menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300Nm, jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

Baca juga: Hyundai gelontorkan investasi Rp785 triliun genjot pasar EV

Credit: Source link